Sukses

8 Cara Mudah Pangkas 500 Kalori dalam Sehari

Dengan memangkas 500 kalori sehari, Anda dapat kehilangan hingga satu kilogram dalam waktu seminggu?

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda tahu, dengan memangkas 500 kalori sehari, Anda dapat kehilangan hingga satu kilogram dalam waktu seminggu?

Nah, banyak orang beranggapan menurunkan badan adalah langkah sulit. Bila Anda masih menganggapnya demikian, Anda mungkin perlu melakukan hal berikut, seperti dikutip Indiatimes, Selasa (28/7/2015):

1. Kunyah makanan dengan benar

Studi menemukan, mengunyah makanan setidaknya 20 kali sebelum menelannya dapat memotong hingga 70 kalori. Dengan begitu, maka butuh 20- 30 menit bagi tubuh untuk menyadari Anda tidak lapar dalam waktu lama.

2. Tidur cukup

Tidur kurang dari 6 jam membuat Anda makan lebih banyak dari seharusnya atau 300 kalori lebih banyak. Kurang tidur juga memicu produksi ghrelin, hormon rasa lapar. Jadi satu jam tambahan tidur bisa menghemat 100 kalori!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pilih mustard bukan mayonaise

3. Pilih mustard bukan mayonaise

Pilih mustard bukan mayo, salad bukannya kentang goreng, dan sayuran bukannya karbohidrat (nasi atau mie). Cara ini akan membantu Anda memangkas 200-300 kalori setiap kali makan.

4. Makan di piring kecil

Makan di piring kecil memastikan Anda akan makan 20 sampai 25 persen lebih sedikit dan menyimpan hingga 500 kalori.

5. Jangan makan di depan TV

Penelitian menunjukkan, makan di depan TV akan membuat Anda makan lebih banyak hingga 250 kalori. 

3 dari 3 halaman

Berdiri

6. Berdiri

Dengan berdiri, Anda bisa memotong 500 kalori setiap hari. Cobalah berdiri atau berjalan saat menelepon atau membaca buku.

7. Batasi gorengan

Satu sendok makan minyak mengandung 100 kalori. Dengan membatasi lemak berarti Anda dapat mengurangi asupan kalori Anda secara keseluruhan. Pilih makanan yang dipanggang atau kukus. Metode memasak sehat ini dapat menghemat ratusan kalori.

8. Hindari minuman manis

Mengurangi konsumsi soda dan minuman manis lainnya adalah cara sederhana dan efektif untuk memotong kalori. Segelas jus jeruk manis atau soda bergula misalnya mengandung sekitar 170 kalori. Bila ingin mengonsumsi teh atau kopi, usahakan tanpa gula agar Anda mendapat manfaat kesehatannya juga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.