Sukses

5 Posisi Tidur yang Harus Dihindari

Para ahli meyakini lima posisi tidur ini bisa menyebabkan sakit.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda bangun tidur bukannya segar melainkan badan terasa sakit-sakit? Orang kerap mengatakan itu semua karena salah bantal. Namun, sakit yang Anda alami bisa jadi karena salah posisi tidur.

Para ahli meyakini lima posisi tidur ini bisa menyebabkan sakit. "Kelelahan, sleep apnea, sakit kepala, nyeri ulu hati, dan nyeri otot adalah beberapa komplikasi yang timbul dari tidur malam yang buruk," kata Dr Steven Park, penulis Sleep, Interrupted, seperti dikutip Metro, Selasa (28/7/2015).

Berikut lima posisi yang dimaksud:

1. Posisi janin

Posisi ini dianggap salah satu posisi tidur yang terburuk. Posisi janin tidak hanya menyebabkan leher dan sakit punggung, tetapi mereka yang tidur dalam posisi janin mengeluhkan kesulitan bernapas karena membatasi aliran udara.

2. Menghadap sisi kanan dengan tangan terentang

Wanita hamil disarankan menghindari posisi ini karena bisa membatasi aliran darah ke janin.
Selain itu, posisi tersebut juga dapat menyebabkan mulas, sakit bahu, lengan dan punggung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidur tengkurap

3. Tidur tengkurap

Ini adalah posisi yang aneh. Tidur dengan wajah langsung ke bantal hanya menyebabkan sakit leher dan punggung. Namun, yang lebih terpenting bagaimana cara Anda bernapas.

4. Starfish

Posisi tidur ini menghadap ke atas dengan kedua tangan menelentang serta kedua kaki meregang sehingga posisi menyerupai bintang. Posisi ini sebaiknya dihindari apabila Anda tak ingin merasa nyeri bahu.

5. Hadap sisi kiri dengan tangan terentang

Posisi ini bisa menambah tekanan pada saraf dan dapat meletakkan beban pada organ internal termasuk paru-paru Anda. (Melly F)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini