Sukses

5 Langkah Agar Anak Tak Gampang Sakit

Nah agar tak sering sakit, meningkatkan daya tahan tubuh adalah salah satu caranya.

Liputan6.com, New Delhi Orangtua mana yang tega melihat anak sering sakit. Anak panas atau batuk saja sudah tak tega melihatnya. Nah agar tak sering sakit, meningkatkan daya tahan tubuh adalah salah satu caranya.

Berikut lima hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh untuk mengurangi risiko sakit seperti dilansir laman Times of India, Selasa (28/7/2015).

1. Ajak ia berolahraga
Menurut penelitian, bayi yang kelebihan berat badan dua kali lebih lebih sering terkena infeksi dibanding bayi dengan berat badan normal. Olahraga meningkatkan jumlah sel darah putih untuk melawan infeksi.

Oleh karena itu dorong anak untuk aktif berolahraga. Tentu saja Anda harus memberi contoh terlebih dahulu ya.

2. Menyediakan makanan sehat
Selain protein, buah dan sayur penting bagi tubuh anak. Kedua bahan makanan itu merukan nutrisi alami yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kurangi asupan gula

3. Kurangi asupan gula
Banyak mengonsumsi gula bisa melemahkan kekebalan tubuh, akibatnya tubuh tidak mampu mewlawan kuman. Menurut penelitian, satu sendok teh gula dapat menekan sistem kekebalan tubuh hingga empat jam.

Jadi, batasi konsumsi permen, cokelat, minuman soda, dan minuman manis pada anak.

4. Tidur teratur
Bagi orang dewasa kurang tidur dapat menyebabkan aneka penyakit, dan hal ini juga berlaku bagi anak-anak. Tidur juga penting bagi anak agar mereka senantiasa sehat, tumbuh, berkembang, dan mampu berprestasi di sekolah.

Menurut para ahli, balita paling tidak butuh tidur selama sembilan jam.

5. Jaga kebersihan
Sejak kecil yuk ajari ia untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan serta usai bermain dari luar. Jangan lupa jaga selalu kebersihan tempat tinggal Anda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini