Sukses

Waktu yang Tepat untuk Hamil Setelah Melahirkan

Dr Rishma Dhillon Pai memberitahu kapan waktu yang tepat untuk hamil setelah melahirkan anak yang pertama

Liputan6.com, Jakarta Hidup terasa kian sempurna setelah memiliki seorang anak. Tak sedikit ibu yang tergoda untuk segera hamil, tak lama setelah melahirkan anak pertama. Namun, Konsultan Obstetri dan Ginekologi asal Mumbai, Dr Rishma Dhillon Pai menyarankan, tunggu sampai tubuh benar-benar pulih dan semua nutrisi hadir kembali setelah digunakan pada kehamilan sebelumnya.

Karena ketika hamil kadar kalsium, zat besi, dan folat yang disimpan dalam tubuh dapat berkurang sehingga tidak baik bagi janin, tunggu setidaknya 18 bulan hingga dua tahun untuk hamil kembali.

"Volume darah harus kembali normal, karena ibu hamil berisiko alami anemia. Setelah melakukan penelitian, menunggu minimal selama 18 bulan risiko mengalami anemia dan berat bayi lahir rendah sangatlah kecil," kata Rishma yang menyebut menunggu lebih dari lima tahun pada ibu yang lebih tua berisiko alami komplikasi selama kehamilan berikutnya.

Rishma melanjutkan, pada wanita yang lebih tua, risiko mengalami komplikasi medis seperti diabetes akan lebih besar. "Kehamilan berulang dalam kurun waktu satu tahun dari operasi caesar sebelumnya, meningkatkan risiko plasenta previa dan abruption yang tentunya berbahaya," kata dia dikutip dari Times of India, Senin (27/7/2015)

Selain itu, selang waktu kurang dari enam bulan membahayakan keduanya. Ibu bisa menderita anemia, plasenta previa, dan solusio yang mengakibatkan pendarahan hebat selama kehamilan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.