Sukses

Periksa Mimisan Malah Ketahuan Ada Gangguan Ginjal

Alami masalah pada ginjal dan butuh transplantasi ginjal. Siapa sangka ayah ibunya malah didiagnosa kanker ginjal.

Liputan6.com, New York- Ada yang aneh dengan remaja asal Dallas, Amerika Serikat bernama Crystal Enns usai pulang sekolah pada Januari 2013. Saat itu ia sering sekali mimisan. Awalnya dianggap biasa saja, tapi frekuensinya sering. Karena khawatir orangtua memeriksakan anak ke dokter. Tak disangka, hasil tes menunjukkan Crystal menderita sebuah penyakit serius.

Setelah menjalani serangkaian tes, Crystal diketahui mengalami juvenile nephronophthisis, yakni sebuah gangguan ginjal genetik yang bisa berakibat gagal ginjal bila ia tidak menjalani transplantasi.

Ayah dan ibu Crystal adalah orang pertama yang mencoba melakukan tes kecocokan ginjal bagi putrinya agar dapat menjadi donor. Siapa sangka, malah lewat tes ini diketahui bahwa orangtuanya, baik ayah dan ibu, memiliki kanker pada ginjalnya.

"Awalnya kami hanya ingin melakukan sesuatu untuk putri kami. Tapi siapa yang mengira malah kami yang terbantu. Kanker pada ginjal ini cepat terdeteksi," ungkap sang ayah, Mark Enns kepada CBS dikutip pada Senin (27/7/2015).

Kabar baiknya, ginjal tante Crystal cocok dengannya dan pada beberapa waktu lalu telah sukses jalani transplantasi. Lalu, kanker pada ginjal ayah dan ibu Crystal pun telah berhasil diangkat lewat operasi.

 

Baca juga:

Jangan Mendongak Kepala Saat Anak Mimisan, Lakukan Langkah Ini

Gejala yang Pasti tentang Gagal Ginjal

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.