Sukses

Ingin Tak Mudah Lelah Saat Berolahraga? Coba Minum Jus Ini

Tubuh tak mudah lelah sehingga bisa berolahraga lebih lama dengan rutin konsumsi buah berwarna merah tua ini.

Liputan6.com, London - Niat ingin berolahraga dengan durasi lebih lama gagal karena tubuh sudah merasa lelah. Nah, untuk mengurangi rasa lelah coba rutin konsumsi jus bit. Setelah rutin minum jus buah bit selama dua minggu bisa membuat durasi olahraga jadi lebih lama.

Hal ini bisa terjadi karena jus bit membantu mengurangi beban kerja pada jantung dan membuat organ tersebut lebih mampu mendistribusikan oksigen ke otot-otot tubuh. Ini artinya seseorang dapat berolahraga lebih lama sebelum otot-otot menjadi lelah seperti diungkapkan dalam studi terbaru.

Perubahan tersebut terjadi karena buah bit mengandung molekul nitrat. Ketika masuk ke dalam tubuh, nitrat dapat melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Itu adalah dua hal penting yang mendukung kinerja saat berolahraga.

Nitrat juga memicu serangkaian reaksi kimia di dalam darah, salah satunya meningkatkan oksigen di area tubuh yang kurang pasokan seperti diungkapkan studi yang dipublikasikan American Journal of Physiology-Regulatory, Integrative and Comparative Physiology.

Hasil ini didapatkan setelah peneliti melakukan penelitian terhadap sejumlah partisipan selama 14 hari yang diminta mengonsumsi jus yang berwarna merah keunguan ini. Ternyata tekanan darah mereka lebih rendah dan pembuluh darah melebar baik saat berolahraga maupun beristirahat. Hal ini juga memungkinkan oksigen dalam pembuluh darah bekerja optimal.

 

 


Jika tidak suka bit, konsentrasi nitrat yang tinggi juga terdapat dalam seledri, kubis, dan sayuran berdaun hijau lain seperti bayam dan selada seperti dikutip Daily Mail, Senin (27/7/2015).

 

Baca juga:

Berbagai Manfaat Jus Bit

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini