Sukses

Tidak Hamil pun Bisa Alami Morning Sickness

Pemicunya bermacam-macam mulai dari ketidakseimbangan hormon, refluks, gangguan tidur, stres, hingga depresi.

Liputan6.com, London - Merasa mual dan muntah di pagi hari atau morning sickness merupakan hal biasa yang terjadi pada seorang wanita hamil terutama di trimester pertama kehamilan. Perlu diketahui morning sickness ternyata tidak hanya terjadi pada wanita hamil, tapi juga mereka yang tidak hamil, termasuk pria.

Menurut AMA Council of General Practice, dokter Brian Morton, pemicunya bermacam-macam mulai dari ketidakseimbangan hormon, refluks, gangguan tidur, stres, hingga depresi.

Pelepasan hormon di otak akan menentukan seseorang termasuk orang siang atau malam. Perasaan mual bisa saja disebabkan ketidakmampuan otak untuk melepaskan hormon alami, seperti adrenalin atau serotonin, ketika bangun di pagi hari.

Lalu, penyebab lain morning sickness adalah refluks. Hal ini terjadi ketika mekanisme antara kerongkongan dan perut tidak bekerja secara efisen, sehingga memungkinkan asam naik.

"Hal ini membuat seseorang merasakan rasa pahit di mulut atau nyeri di bagian bawah perut. Untuk mencegah hal ini terjadi coba saat makan malam jangan terlalu dekat dengan waktu tidur," ungkap dokter Morton.

Penyebab morning sickness bisa juga karena adanya gangguan tidur bernama sleep apnea. Ini adalah kondisi yang menyebabkan seseorang berhenti bernapas di malam hari. Saat terbangun di pagi hari mereka merasa tak merasa beristirahat dan mual.

"Salah satu gejalanya adalah mendengkur," terang Morton dikutip laman Daily Mail, Senin (27/7/2015).

Penyebab terakhir, stres dan depresi. Kondisi ini membuat seseorang berkeringat, jantung berdebar, dan mual.

Namun untungnya morning sickness di luar kehamilan ini bisa diatasi dengan mudah. Bagi yang disebabkan oleh refluks, minumlah segelas susu. Lalu penyebab yang lain atasi dengan biasa seperti bangun, mandi, dan sarapan seperti diungkapkan Morton.

 

Baca juga:

Morning Sickness Tanda Bayi akan Tumbuh Sehat

Ibu Hamil Bisa Coba BJ Saat Terserang Morning Sickness

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini