Sukses

Ini Keuntungan Tetap Aktif Pascamenopause

Aktivitas 150 menit seminggu dapat mencegah penyakit.

Liputan6.com, Jakarta Tetap aktif pascamenopause ternyata sangat menguntungkan. Penelitian yang dipublikasikan dalam JAMA Oncology mencatat, wanita yang rutin latihan 45 menit sehari bisa menurunkan risiko kanker payudara.

"Pedoman kesehatan menuliskan, setidaknya melakukan aktivitas 150 menit seminggu, dapat mencegah penyakit," tulis peneliti, seperti dikutip Mirror, Minggu (26/7/2015).

Setiap aktivitas aerobik dapat meningkatkan denyut jantung 65-75 persen. Namun bila Anda termasuk kegemukan, rata-rata penurunan total penurunan total lemak bisa dilakukan bila melakukan aktivitas 300 menit seminggu.

Ahli kanker dari Canadian Cancer Society, Dr Christine Friedenreich mengatakan, kemungkinan aktivitas fisik dan risiko kanker payudara telah tercatat lebih dari 100 studi epidemiologi. Dengan alasan yang kuat, para ahli kesehatan mendukung olahraga demi hidup lebih sehat.

"Terutama pada wanita obesitas, olahraga minimal 300 menit seminggu kami sarankan untuk mencegah risiko kanker," katanya.

Mengomentari hal tersebut, Dr Kerri Winters dari Oregon Health and Science University, Portland mengatakan, olahraga adalah kunci menuju sehat. "Usaha ini (olahraga) memang dibutuhkan bukan hanya untuk menurunkan beban penyakit kronis tapi menciptakan lansia yang sehat," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini