Sukses

Manfaat Dongeng bagi Anak

Ketika rutin mendongengin anak-anaknya yang masih berusia balita, orangtua telah membantu merangsang kemampuan bicaranya.

Liputan6.com, Jakarta - Dongeng membantu anak lebih kreatif. Dongeng juga memiliki nilai moral yang dapat dicontoh mereka di kehidupan sehari-hari. "Oleh karena itu, orangtua harus rajin membacakan cerita dongeng ke anak-anaknya," kata Pemerhati Anak Seto Mulyadi di Perumahan Cirendeu Permai, Tangerang Selatan, ditulis Health Liputan6.com pada Sabtu (25/7/2015)

Ketika rutin mendongeng untuk anak-anaknya yang masih berusia balita, orangtua telah membantu merangsang kemampuan bicaranya. Kosakata anak pun bertambah, karena cukup banyak pelafalan yang tidak lazim di buku cerita yang dibacakan itu.

"Cara ini merupakan tahap awal membuat anak nyaman berkomunikasi dengan orangtua," kata dia menambahkan.

Lebih lanjut, cukup banyak kisah yang mengajarkan anak agar mampu menyelesaikan sebuah masalah. "Ketika Kancil sulit menyebrangi sungai, namun di sekitarnya ada batu-batu. Dari sini anak belajar kreatif untuk mencari solusi, salah satunya dengan menyusun bebatuan tersebut," kata Seto menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.