Sukses

Arti Jenis Ngidam Ibu Hamil

Para ahli percaya, mengidam makanan tertentu bisa menjadi tanda peringatan.

Liputan6.com, Jakarta Wanita hamil dianggap normal bila sangat mendambakan makanan yang sebelumnya tak disukainya. Orang biasanya menyebut keinginan makan tersebut dengan `ngidam`. Tapi, tak semua ngidam itu sehat. Bahkan mengidam jenis makanan pada ibu hamil pun memiliki arti.

Para ahli percaya, mengidam makanan tertentu bisa menjadi tanda peringatan. Maksud para ahli, keinginan tertentu dari ibu hamil bisa menunjukkan kebutuhan di tubuhnya.

Sebagian besar ibu hamil enggan makan di trimester pertama akibat menderita morning sickness. Jenis makanan tertentu seperti beras, daging, ikan, kacang-kacangan, dan telur bisa membuat ibu hamil mual. Alhasil, mereka mendambakan makanan yang asam dan pedas, yang bisa mengurangi mual.

Berbeda dengan sejumlah wanita yang mengidam selain makanan seperti kapur, bensin dan cat. Kondisi tersebut disebut `Pica`.

Sebenarnya seorang ibu hamil membutuhkan hanya sekitar 300 kalori ekstra. Tapi, ibu hamil penting untuk membatasi keinginan yang tidak sehat yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan saat kehamilan dan dampaknya pada janin.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti ngidam

Berikut arti ngidam dilihat dari jenis makanan yang dipilih seperti dikutip TheHealthsite, Jumat (24/7/2015):

1. Permen, cokelat, es krim

Ini artinya ibu hamil memerlukan lebih banyak energi, mengalami masalah psikologis mendasar seperti perubahan suasana hati atau pregnancy blues, atau penurunan tingkat gula darah.

Waspada, ibu hamil yang menginginkan makan dark chocolate bisa menunjukkan tanda anemia kehamilan.

Apabila ibu hamil mengidam jenis makanan di atas, cobalah memasukkan berbagai buah-buahan dalam diet Anda. Ibu hamil setidaknya mengonsumsi tiga sampai lima porsi buah segar sepanjang hari untuk mengurangi keinginan makanan manis yang tinggi lemak.

Ibu hamil masih dianggap normal apabila makan dua potong cokelat hitam atau makan es krim vanila sesekali setelah makan karena masih dianggap sehat. Tapi, kebanyakan makan makanan manis bisa menyebabkan diabetes gestational dan komplikasi lainnya. 

 

 

3 dari 4 halaman

Makanan pedas dan acar

2. Makanan pedas dan acar

Apabila ibu hamil ingin makanan yang asam dan pedas, maka Ia mengalami perubahan hormonal, yang membuatnya ingin mencicipi hal yang berbeda.

Tak masalah apabila ibu hamil benar-benar ingin mencicipi makanan pedas dan asam. Namun, jangan berlebihan karena bisa menyebabkan mulas dan memicu keasaman.

3. Kentang

Ini bisa menunjukkan kurangnya natrium dan cairan penting. Sodium adalah mineral yang membantu mempertahankan air. Tingginya jumlah progesteron dalam tubuh selama trimester pertama bisa menyebabkan hilangnya natrium melalui urine.

Namun, retensi air yang berlebihan selama kehamilan dapat menyebabkan kondisi yang disebut edema. Di sisi lain, lebih banyak makan garam meningkatkam kemungkinan seseorang terkena pre-eklampsia.

Untuk mencegahnya, pastikan asupan garam dalam batas yang diperlukan dari 2,5 mg per hari. 

 

 

4 dari 4 halaman

Daging, ikan, telur

4. Daging, ikan, telur

Ini menunjukkan, Anda membutuhkan lebih banyak protein, kalsium, dan asam lemak omega-3.

Cobalah masukkan lebih banyak protein dalam diet Anda. Tambahkan lebih banyak tahu, tempe dan kedelai pada ibu hamil yang vegetarian atau makan lebih banyak ayam panggang, ikan, dan telur rebus.

Selama kehamilan, jumlah yang diperlukan konsumsi protein per hari harus sekitar 60 sampai 70 gm.

5. Kapur, bensin, cat

Ngidam jenis benda-benda ini kemungkinan karena gangguan makan yang disebut Pica. Sementara beberapa ahli percaya hal itu bisa berarti karena kekurangan zat besi, tetapi penjelasan yang lebih konklusif adalah menjadi tanda dari masalah emosional seperti stres atau gangguan obsesif kompulsif.

Apabila ibu hamil mengalami pica, cobalah berbicara dengan dokter dan mendapatkan bantuan. Ibu hamil juga perlu mengetahui memakan yang bukan makanan itu tidak normal sehingga harus segera mendapat bantuan medis.

6. Es batu

Meskipun ini termasuk yang bukan makanan, tetapi mengisap es batu tidak berbahaya. Dehidrasi, kehilangan cairan atau panas tubuh bisa menjadi alasan kemungkinan mengidam.

Mengisap es batu di musim panas baik-baik saja, tapi hati-hati mengalami sakit tenggorokan selama kehamilan karena bisa menjadi masalah. Dua cube kecil es batu di sore hari yang cerah mungkin tak jadi masalah. (Melly F)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.