Sukses

Ada Harapan Obat Tetes Mata Bisa Atasi Katarak

Obat tetes mata yang mengandung lanosterol ini diujicobakan pada anjing dan berhasil atasi katarak.

Liputan6.com, New York- Sebuah obat tetes mata yang khusus dibuat berhasil mengobati katarak pada seekor anjing. Hal ini memberikan harapan obat tetes ini bisa mengobati atau mencegah katarak pada mata manusia.

Saat ini, satu-satunya pengobatan untuk katarak dengan operasi. Padahal kini populasi jumlah penduduk dunia usia tua di dunia banyak, paling tidak jumlah operasi katarak dalam 20 tahun ke depan tinggi.

Para peneliti pun berusaha agar pengobatan katarak tidak selalu dengan operasi. Oleh karena itu para dokter mata dari University of California melakukan uji coba pemberian obat tetes mata yang mengandung lanosterol kepada anjing yang memiliki mata katarak.

Setelah enam minggu mata si anjing ditetesi obat tetes mata mengandung lanosterol, kekeruhan mata dan katarak pada anjing terus menurun. Bahkan, hasil yang sama terlihat dalam percobaan dengan sel lensa mata manusia dan kelinci di laboratorium.

"Hal penting yang kita dapatkan adalah mengobatai katarak bisa dengan tetes mata dengan bahan khusus bukan operasi," terang dokter mata Kang Zhan kepada Live Science dikutip Kamis (23/7/2015).

Namun penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Nature ini masih studi pendahululuan yang butuh penelitian kembali dan dikonfirmasi peneliti lain. Kami akan mempelajari keamanan senyawa sehingga bisa diujicobakan pada manusia untuk pengobatan katarak," tambah Zhan.

 

Baca Juga:

Penyebab Kebutaan Katarak di Indonesia Masih Tinggi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.