Sukses

7 Kiat Jitu Tetap Bugar dan Sehat Setiap Saat

Sebenarnya tidak perlu sulit untuk bisa hidup sehat dan bugar

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada kemuliaan yang bisa didapat tanpa upaya. Bahasa Jawanya 'jer basuki mawa bea', semua kenyamanan harus dilalui dengan upaya (biaya). Demikian juga dengan kesehatan. Sebenarnya tidak perlu sulit untuk bisa hidup sehat dan bugar. Berikut 7 hal yang bisa Anda lakukan agar bisa hidup sehat dan bugar menurut webMD, Kamis (23/7/2015) ;

1. Tambahkan satu jam pada waktu tidur Anda. Perempuan rata-rata butuh sekitar 8-9 jam waktu tidur. Sayangnya, mereka hanya bisa tidur selama 6-7 jam. Padahal, kehilangan 1-2 jam waktu tidur bisa membawa efek buruk pada penurunan fungsi tubuh.

Misalnya penurunan kemampuan ingatan, memperbaiki saraf, dan perkembangan otot. Untuk menyiasati supaya tidur berkualitas, cobalah:

Tidur dan bangun tepat waktu setiap hari, termasuk pada hari libur. Jauhi alkohol, setidaknya dua jam sebelum tidur. Istirahat. Tidur ayam sekitar 15-20 menit di antara pukul 13.00-16.00 dapat memperbaiki kecepatan reaksi, menajamkan ingatan, dan mengurangi kelelahan.

Olahraga 20-30 menit setiap hari dapat membantu Anda mendapat tidur berkualitas. Namun, hindari berolahraga 4-6 jam sebelumnya karena dapat mempengaruhi tidur Anda.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Delapan gelas sehari

2. Minum delapan gelas air setiap hari. Saat haus, tubuh sudah kekurangan dua persen air. Padahal, kehilangan 1-2 persen cairan akan menurunkan fisik dan mental seseorang hingga 20 persen. Minumlah setidaknya delapan gelas air setiap hari. Untuk wanita disarankan minum sembilan gelas.

Supaya acara minum lebih mudah: Gunakan gelas berukuran besar Tambahkan jeruk nipis atau lemon pada air putih untuk menambah kesegaran. Kalau Anda hobi minum kopi, kompensasikan dengan memperbanyak asupan air putih.

3. Makan sayur dan buah. Sayur dan buah banyak mengandung antioksidan yang bermanfaat mengurangi risiko obesitas, kanker, dan masalah saluran pencernaan.

Untuk memaksimalkan asupan sayur dan buah: Tambahkan satu jenis sayuran dan buah tiap minggunya. Cari sayuran dan buah berwarna cerah karena umumnya mengindikasikan lebih banyak vitamin yang terkandung di dalamnya.

 

 

3 dari 4 halaman

Rutin olahraga

4. Rutin berolahraga. Sebaiknya pilih kombinasi ketimbang hanya satu jenis olahraga saja. Buat olahraga sebagai prioritas dalam kegiatan harian Anda. Tambahkan gerakan crunch di antara latihan beban.

5. Lepaskan satu hal yang membuat stres setiap hari. Stres yang tidak bisa diatasi dengan baik akan menimbulkan banyak masalah, mulai dari insomnia, hipertensi, sembelit, depresi, hingga kecemasan.

Supaya bisa mengatasi stres: Investasikan waktu Anda secara bijak. Atur hidup Anda supaya lebih teratur. Sisihkan waktu lima menit untuk diri sendiri setiap jamnya. Belajar mengatasi rasa amarah.

 

 

4 dari 4 halaman

Turunkan berat badan

6. Turunkan berat badan. Lebih baik Anda mengonsumsi 6-7 porsi makanan dalam ukuran kecil ketimbang tiga kali tapi dalam porsi besar. Makan seperti Anda kehabisan uang. Maksudnya pilih makanan murah karena umumnya lebih rendah lemak. Harga sayur lebih murah daripada daging, kan? Hitung asupan serat, bukan kalori. Konsumsi makanan rendah lemak sebelum mengasup makanan utama, seperti sayur, buah, atau minum segelas air.

7. Periksa kesehatan secara rutin. Saat memeriksakan diri, jangan lupa untuk:

Menceritakan aktivitas seksual Anda kepada dokter.

Mengecek kadar Hb Anda.

Meminta tes urin.

Fungsinya untuk mendeteksi fungsi ginjal Anda, apakah masih bagus atau sudah mulai menurun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.