Sukses

7 Kiat Jaga Kulkas Anda agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Berikut 7 cara memelihara kulkas agar tetap awet dan tahan lama.

Liputan6.com, Jakarta Kulkas atau lemari es bakal awet bila digunakan dengan tepat. Makanan pun akan tetap tahan lama tanpa berkurang gizinya bila wahana ini dipelihara dan dijaga dengan baik. Berikut 7 cara memelihara kulkas agar tetap awet dan dapat menahan gizi makanan yang disimpan di dalamnya.

1. Cari kulkas dengan pengontrol kelembaban otomatis.

2. Jangan memasang kulkas atau freezer pada suhu terlalu dingin. Suhu yang direkomendasikan adalah sekitar 3-5 derajat Celsius untuk bagian makanan dan 15 derajat Celsius untuk freezer.

3. Untuk mengetahui suhu kulkas, letakkan termometer dalam gelas berisi air di bagian tengah dalam kulkas. Lihat suhunya setelah 24 jam. Untuk mengetahui suhu freezer, tempatkan termometer di antara rak freezer.

4. Secara rutin lakukan defrost atau pelelehan pada kulkas dan freezer. Bekuan es yang semakin banyak membuat energi yang dibutuhkan semakin tinggi. Jangan membiarkan bekuan es lebih dari 0,6 cm.

5. Pastikan bahwa karet pintu kulkas kencang, sehingga udara tidak dapat masuk. Lakukan pengujian dengan menyisipkan selembar kertas pada pintu, sebagian di dalam kulkas dan sisanya di luar pintu. Jika Anda dapat menarik kertas dengan mudah, karet pintu harus diganti.

6. Tutup wadah yang berisi cairan atau bungkus makanan dalam kulkas. Makanan yang tidak tertutup akan membuat kulkas lembab dan ini menyebabkan kompresor bekerja lebih keras.

7. Geser kulkas dari dinding dan sedot debu pada gulungan kondensor setahun sekali kecuali gulungan tersebut merupakan jenis yang tidak perlu dibersihkan. Kulkas Anda akan berjalan lebih cepat dengan gulungan kondensor yang bersih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini