Sukses

Bahaya Minyak Zaitun bila Dipanaskan dalam Suhu Tinggi

Tahukah Anda, minyak zaitun dapat mengeluarkan senyawa beracun yang berbahaya bila dipanaskan dalam suhu tinggi?

Liputan6.com, Jakarta Tren sehat dengan mengganti minyak kelapa sawit dengan minyak zaitun memang tengah gencar di tengah masyarakat.

Tapi tahukah Anda, minyak zaitun dapat mengeluarkan senyawa beracun yang berbahaya bila dipanaskan dalam suhu tinggi, seperti digunakan untuk menumis atau memanggang.

Seperti dikutip Prevention, Kamis (23/7/2015), Direktur nutrisi klinis di Mount Sinai Beth Israel di New York City, Rebecca Blake, RD mengatakan, ada beberapa jenis minyak zaitun yang tidak sehat bila digunakan dalam suhu tinggi.

"Meski belum ada bukti klinis, studi terbaru menemukan bahwa hampir semua minyak nabati seperti minyak zaitun, bunga matahari, jagung dan kedelai dapat memecah rasa dan nutrisi saat dipanaskan. Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi juga akan hilang," katanya.

Kendati demikian, kata Blake, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan untuk tetap membuat makanan tetap sehat, seperti:

1. Mengetahui perbedaan jenis minyak zaitun

Extra virgin, merupakan pilihan yang baik untuk menumis.
Virgin, bisa digunakan untuk menumis.
Pure: Minyak ini tidak memiliki rasa dan aroma kuat seperti extra virgin dan virgin. Minyak jenis ini aman untuk memanggang dan menggoreng.
Light: minyak zatun jenis ini benar-benar harus dihindari untuk dimasak atau dipanaskan. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Titik asap

2. Titik asap

Titik asap adalah suhu di mana minyak mulai rusak. Anda akan tahu itu terjadi saat asap mulai mengepul di wajan. Setiap jenis minyak zaitun memiliki titik asap yang sedikit berbeda.

Lakukan yang terbaik untuk menghindari titik asap. Meskipun tidak berbahaya bagi kesehatan Anda, Blake menjelaskan, minyak yang melewati titik asap telah kehilangan nutrisi dan mempengaruhi rasa makanan.

3. Ada waktunya minyak zaitun bukan pilihan terbaik

Meskipun aman, sehat, dan lezat, minyak zaitun bukan satu-satunya bahan memasak. Bahkan, bila dibandingkan dengan minyak lainnya, minyak zaitun memiliki titik asap yang relatif rendah.

Ini berarti Anda tidak dapat menggunakan minyak zaitun untuk memasak dengan suhu tinggi, seperti membakar daging dan menggoreng dengan suhu tinggi (deep fried). "Bila Anda ingin memasak dengan suhu tinggi, sebaiknya gunakan minyak jagung, minyak kedelai, minyak kacang, dan minyak wijen," tukasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini