Sukses

Orang Aneh Cenderung Jenius?

Di balik kejeniusannya, sejumlah tokoh dunia ternyata memiliki kebiasaan yang cenderung aneh

Liputan6.com, Jakarta Dibalik kejeniusannya, sejumlah tokoh dunia ternyata memiliki kebiasaan yang cenderung aneh. Entah karena pemikirannya yang begitu mendalam atau memang keingintahuan yang tinggi sehingga mereka berperilaku demikian.

Tak jarang, sejumlah ilmuwan juga dikenal dengan kepribadian eksentrik atau polimatik sehingga tidak bisa dibaca pikirannya oleh orang biasa. Berikut ini ada beberapa kebiasaan aneh yang kerap dilakukan tokoh jenius dunia, seperti dimuat laman Times, Rabu (22/7/2015):

1. Steve Jobs

Siapa yang tidak kenal Steve Jobs. Mendiang mantan CEO Apple Inc ini lahir di San Francisco, California, Amerika Serikat. Dibalik kejeniusannya menciptakan teknologi masa kini, ternyata dia selalu bersikeras untuk mengecat putih semua dinding. Tak jarang, pria yang pernah mendapat penghargaan National Medal of Technology and Innovation ini menggunakan sarung tangan putih untuk membersihkan debu.

"Setiap kali melihat ada bintik di mesin atau lantai pabrik Apple, dia selalu membersihkannya. Bahkan saat dia sekarat karena menderita kanker, Jobs juga meminta untuk merancang ulang oksigennya karena dianggap kurang bersih," ujar salah seorang pegawai, Coleman.

"Saat dia terbaring di ranjang rumah sakit, dia juga pernah merobek oksigen karena membenci desainnya. Tentu, ini sangat mengejutkan para dokter, Jobs kemudian memerintahkan mereka untuk memberikan lima desain masker baru," lanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Thomas Jefferson

2. Thomas Jefferson

Mantan Presiden Amerika Serikat, Thomas Jefferson juga memiliki kebiasaan aneh. Dia selalu membaca 15 jam sehari untuk menyelesaikan kuliah dalam 2 tahun. Selain itu, dia juga selalu menghitung setiap sen uang di tabungannya.

Selama 60 tahun, menurut pengawas di Monticello, Jefferson selalu mengamati setiap sen di buku rekening. Bila ada yang terlewat, dia bisa seperti orang kebingungan dan akan menanyakannya.

3. Alfred Kinsey

Biolog asal Amerika Serikat ini begitu tertarik dengan penelitian seks. Dia pernah meneliti 8.000 orang mengenai sejarah seks mereka. Tak hanya itu, dia merupakan satu-satunya orang yang memiliki koleksi buku seks terbanyak di dunia dan menomorinya satu per satu. Dia mengatakan, memiliki 7985 buku seks di lemarinya.

Dibalik kejeniusannya, ternyata Kinsey juga tertarik dengan seni keramik. Dia termasuk kolektor seni keramik dari Peru. Anehnya, dia pernah tiba-tiba keluar dari koper lusuh dan kantong plastik oranye dari sebuah department store di Budapest.

Howard Gardner dari Harvard mempelajari keanehan ini dan menemukan, orang-orang jenius cenderung mengisolasi diri dan egois. Mereka menganggap, tanpa pengorbanan besar tidak akan mampu menggapai prestasi.

Tapi dalam beberapa kasus seperti Mahatma Gandhi, mereka melakukan eksistensi dengan melakukan pertapa. Ada pula yang mengisolasi diri seperti Einstein atau Alexander Graham Bell. Sedangkan dalam kasus Picasso, melibatkan eksploitasi individu lainnya.

"Secara pribadi, Anda mungkin tidak perlu khawatir batasan antara jenius dan keanehan. Tapi Anda bisa belajar dari orang-orang jenius tersebut mengenai apa yang mereka lakukan karena mereka mencintainya. Jadi walaupun mereka menghabiskan waktu, mereka selalu menikmati prosesnya dan akhirnya sukses," kata Gardner.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini