Sukses

Agar Ingatan Anda Makin Tajam Coba Lakukan Latihan Ini

Agar melatih daya ingat tetap tajam coba rutin melatih menggerakkan mata dari sisi ke sisi lain.

Liputan6.com, London - Siapa sih yang tidak ingin memiliki ingatan tajam? Tentu semua orang tak ingin jadi pelupa. Agar melatih daya ingat tetap tajam coba rutin melatih menggerakkan mata dari sisi ke sisi lain selama 30 detik seperti diungkapkan studi dari Inggris.

Menurut studi yang dilakukan peneliti dari Manchester Metropolitan University gerakan mata horizontal mengaktifkan saraf-saraf di otak. Gerakan mata ke kiri mengaktifkan otak sebelah kanan, sementara gerakan mata ke kanan mengaktifkan otak bagian kiri. Hal ini membuat komunikasi di otak jadi lebih baik untuk mengingat kenangan.

Dalam penelitian ini, Parker meminta 102 siswa untuk mengingat 15 kata. Setelah mendengar seluruh kata-kata, sepertiga partisipan diminta menggerakkan mata ke kanan dan kiri. Ternyata kemampuan mengingat orang-orang ini lebih baik dibandingkan yang menggerakkan mata ke atas bawah maupun tidak sama sekali.

"Gerakan mata bisa membantu orang untuk mengidentifikasi sumber paling benar di ingatan mereka," terang psikolog dari University of Toledo, Amerika Serikat, Stephen Christman, yang tidak terlibat dalam penelitian ini dikutip Live Science, Rabu (22/7/2015).

Melihat hasil positif ini, Parker menyatakan manfaat menggerakkan mata secara horizontal untuk ingatan masih spekulatif, masih diperlukan peneletian lebih lanjut guna memahami bagaimana gerakan mata memengaruhi memori.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini