Sukses

Hati-hati, Air Minum dalam Kemasan Juga Bisa Kedaluwarsa

Tak hanya makanan dalam kemasan saja yang memiliki tanggal kedaluwarsa, air minum pun demikian.

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya makanan dalam kemasan saja yang memiliki tanggal kedaluwarsa. Air minum pun demikian, bila lewat dari tanggal yang ditentukan, maka bisa mengubah rasa.

Dalam video Discovery News, Julian Huguet menjelaskan kalau semakin lama plastik (kemasan) akan menurunkan PH air sehingga dapat menjadi sedikit asam dan mengubah rasa air minum. Itulah sebabnya mengapa produsen memberikan tanggal kedaluwarsa.

Secara ilmiah, bila Anda perhatikan, air minum dalam kemasan memiliki tanda nomor 7 dalam segitiga atau bertuliskan PC. Ini artinya, kemasan tersebut terbuat dari plastik polikarbonat. Bahan utama plastik ini adalah senyawa 2,2-bis (4-hidroksifenil) propan atau dikenal dengan nama bisphenol A (BPA).

Dalam bentuk aktif (terlalu lama disimpan) atau terkena panas (termasuk terpapar sinar matahari), senyawa BPA ini cukup berbahaya bagi kesehatan karena memiliki aktivitas yang meniru hormon estrogen. Belum lagi, BPA dapat mengeluarkan senyawa endocrine disruptors yang dapat mengganggu metabolisme alami suatu hormon.

Lantas bagaimana mencegah paparan BPA ini? Dailymail, Rabu (22/7/2015) melaporkan, Anda bisa mengonsumsi habis air minum dalam kemasan, tidak membiarkannya dalam waktu lama dan perhatikan tanggal kedaluwarsa sebelum Anda membelinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.