Sukses

Benarkah Anak Pertama Lebih Pintar dari Adiknya?

Perbedaan IQ antara anak pertama dan adik-adiknya hanya 0,02 saja.

Liputan6.com, London - Antara Anda dan saudara sekandung siapa yang lebih pintar? Menurut penelitian, ternyata anak pertama lebih pintar dibandingkan adik-adiknya, tapi jaraknya hanya sedikit.

Penelitian yang melibatkan 377 ribu siswa SMA ini mendapati anak pertama memiliki IQ lebih tinggi dan kepribadian lebih konsisten dibandingkan adik-adiknya. Tapi peneliti mengingatkan bahwa perbedaannya begitu kecil sehingga tidak berdampak signifikan terhadap kehidupan.

"Tapi perbedaannya sangat kecil. Anak pertama memiliki IQ 0.02 lebih tinggi," terang profesor psikologi asal University of Illinois, Brent Roberts seperti dikutip laman Daily Mail (Senin, 20/7/2015).

Dalam studi yang dilaporkan dalam Journal of Research in Personality ini juga menyebutkan ada perbedaan-perbedaan lain. Seperti anak pertama lebih terbuka, menyenangkan, teliti, dan jarang cemas dibandingkan anak-anak selanjutnya.

"Melihat hasil studi ini, yang hanya ada sedikit perbedaan, urutan kelahiran seharusnya tidak memengaruhi cara pengasuhan orangtua," terang profesor psikologi dari Universitas Houston, Rodica Damian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini