Sukses

Olahraga 45 Menit, Pangkas Risiko Kanker Payudara

Hal ini berlaku bagi wanita lanjut usia.

Liputan6.com, New York- Ada cara mudah bila ingin mengurangi risiko terkena kanker payudara. Menyempatkan waktu berolahraga 45 menit setiap hari bagi wanita lanjut usia bisa untuk membakar lemak sekaligus mengurangi risiko kanker payudara. 

Beberapa pedoman sebenarnya menganjurkan berolahraga 150 menit seminggu efektif untuk cegah penyakit. Tapi studi terbaru ini menyarankan agar wanita menopause meningkatkan durasi olahraga sekitar 300 menit seminggu.

Wanita lansia yang berolahraga lebih dari 300 menit setiap minggu mengalami penyusutan lemak perut, lingkar pinggang, dan juga indeks massa tubuh. Menurut studi yang dipublikasikan JAMA Oncology ini berkurangnya lemak dalam tubuh terkait dengan risiko yang lebih kecil terkena kanker payudara setelah menopause.

"Hubungan antara aktivitas fisik dan berkurangnya risiko kanker payudara usai menopause didukung lebih dari 100 studi epidemiologis dengan alasan biologis kuat karena lemak berkurang dalam hal ini," terang dokter Friedenreich dikutip Mirror (Senin, 20/7/2015).

 

Baca juga:

Agar Sehat Jiwa dan Raga, Perbanyak Berinteraksi dengan Alam

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini