Sukses

Beda Manfaat Pelihara Anjing dan Kucing

Sama-sama memiliki manfaat positif bagi kesehatan, tapi lebih baik anjing atau kucing?

Liputan6.com, New York- Lewat aneka studi, terbukti memeliki hewan peliharaan bermanfaat bagi kesehatan. Namun, masing-masing hewan peliharaan memiliki manfaat yang berbeda bagi pemiliknya. Misalnya, jika Anda memiliki anjing beda manfaatnya beda dengan mereka yang memilihara ikan.

Berikut manfaat memiliki masing-masing hewan peliharaan seperti dilansir laman, Health (Minggu, 19/7/2015).

1. Anjing
"Rasa cinta dan kedekatan terhadap anjing berdampak pada kebahagiaan dan umur panjang pemiliknya," terang penulis Chicken Soup for the Pet Lover Soul, Marty Becker. Menurut dokter hewan ini, cukup dengan membelai anjing kesayangan sudah dapat meningkatkan suasana hati.

"Setelah satu atau dua menit membelai anjing, tubuh sudah mampu memproduksi hormon positif bagi tubuh yakni dopamin da serotonin," terang Becker.
Ada pula studi yang mengungkapkan memiliki anjing membuat tekanan darah, kolesterol, dan risiko terkena penyakit jantung lebih rendah.

2. Kucing

Kucing memang mahluk paling menggemaskan tiada tara!


Seperti anjing, memiliki kucing bisa membuat bahagia namun memang lebih sedikit penelitia yang mengungkapkan itu. Dalam sebuah studi mengungkapkan rasa bahagia memiliki kucing membuat tingkat stres berkurang. Sehingga membuat tekanan darah pemiliknya tidak tinggi.
Ada pula penelitian dari University of Minnesota mengungkapkan mereka yang tidak pernah memilihar kucing berisiko 40 persen mengalami kematian akibat serangan jantung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ikan dan Burung

3. Ikan

Dua wanita mengenakan kimono melihat ikan mas saat pameran Seni Aquarium di Tokyo, Jepang (10/7/2015). Pameran yang menampilkan ribuan ikan emas di dalam aquarium ini merupakan karya desainer Jepang Hidetomo Kimura. (REUTERS/Thomas Peter)


Bagi Anda yang membutuhkan ketenangan, memelihara ikan adalah pilihan tepat. "Melihat ikan seperti mendengarkan musik yang bisa mengalihkan perhatian dengan cara yang baik," terang dokter Becker.
Dalam sebuah penelitian, pasien yang ingin melakukan operasi gigi bisa berkurang tingkat stresnya dengan menatap aquarium ikan selama 20 menit.

4. Burung
Seperti ikan, kehadiran burung di pekarangan rumah seperti membawa atmosfer alam bebas ke dalam rumah. Hal ini menimbulkan perasaan santai dan berenergi pada pemilik rumah seperti disampaikan dokter hewan Gregg Takashima.

 

Baca Juga:

Cara Tepat Pilih Hewan Peliharaan

9 Cara Hewan Peliharaan Meningkatkan Hidup Kita

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini