Sukses

Cara Gampang Bebas Stroke

Gaya hidup menjadi faktor kemungkinan Anda terkena stroke atau tidak, termasuk mengonsumsi makanan yang bisa menurunkan risiko

Liputan6.com, Jakarta Lebih baik mencegah daripada mengobati. Demikian kata pepatah. Sekira sebuah penyakit masih bisa dicegah kedatangannya, banyak cara untuk melakukannya. Salah satunya dengan mengatur asupan makanan sehari-hari.

Stroke dapat disebabkan penyumbatan pada arteri yang mengarah ke otak, yang berisiko terganggunya aliran darah. Atau juga disebabkan pecahnya pembuluh darah.

Ischemic stroke, atau penyumbatan, terjadi pada 80 persen kasus stroke. Sementara hemorrhagic stroke, atau pecahnya pembuluh darah di otak, adalah penyebab 20 persen stroke. Demikian menurut Sacred Heart Medical Center, di Spokane, Washington, AS.

Faktor risiko stroke termasuk merokok, hipertensi, penyakit jantung, diabetes, dan kolesterol tinggi. Gaya hidup menjadi faktor kemungkinan Anda terkena stroke atau tidak, termasuk mengonsumsi makanan yang bisa menurunkan risiko.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Langkah cegah stroke

Langkah-langkah berikut adalah cara-cara menurunkan risiko terkena stroke melalui pengaturan makanan. Namun, ada baiknya jika Anda juga berkonsultasi pada dokter.

Langkah 1
Mengurangi asupan garam untuk menurunkan tekanan darah. Berhenti menambahkan garam ke dalam makanan ketika Anda memasak atau sedang makan. Jangan lupa untuk membaca label makanan untuk mengetahui kandungan garam di dalam makanan tersebut.

Langkah 2
Mengurangi asupan kalori jika Anda termasuk kelebihan berat badan. Obesitas sangat rentan terhadap penyakit jantung dan diabetes. Keduanya adalah faktor risiko stroke. Lebih baik santap whole grains, daging tak berlemak, buah-buahan dan sayuran, serta lemak sehat, misalnya minyak zaitun.

3 dari 3 halaman

Langkah 3

Langkah 3
Batasi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh untuk mengendalikan kolesterol. Hindari daging berlemak, fast food, dan produk susu berlemak tinggi jika kadar kolesterol meningkat.

Langkah 4
Mengurangi asupan gula halus untuk menjaga kadar gula darah. Batasi konsumsi minuman bersoda, cake, permen, es krim, dan lainnya, yang dapat merusak kadar insulin dalam tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.