Sukses

Tangan Lebih Rentan Keriput Ketimbang Wajah?

Jangan hanya memperhatikan wajah untuk mencegah keriput.

Liputan6.com, Jakarta Jangan hanya memperhatikan wajah untuk mencegah keriput. Bagian tubuh lain seperti leher dan tangan ternyata juga rentan keriput.

Ahli dermatolog di New Orleans, Mary Lupo, MD mengatakan, sinar matahari dapat memecah kolagen yang seharusnya menjaga kulit tetap kenyal dan kencang.

"Jika Anda menggunakan produk yang mengandung bahan-bahan anti penuaan di wajah, Anda juga bisa menerapkannya ke tangan," saran dokter kulit Kimberly Butterwick, MD, seperti dikutip Prevention, Rabu (15/7/2015).

Untuk hasil terbaik, kata Butterwick, gunakan retinoid Rx seperti Renova atau Avage untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Anda juga bisa melakukan microdermabrasi di sejumlah klinik kecantikan.

Penyebab lain yang membuat tangan lebih mudah keriput adalah paparan sinar UV yang harus Anda hindari. "Paparan matahari akan membuat kulit Anda mengeluarkan bintik-bintik cokelat. Gunakan lotion mengandung 2% hydroquinone (HQ) untuk menekan produksi melanin, pigmen yang membuat perubahan warna ini.

"Gunakan produk yang mengandung tabir surya minimal SPF 15. Untuk hasil lebih cepat, pilih salah satu krim yang mengandung retinol atau alpha-hydroxy acid, yang membantu mendorong HQ ke dalam kulit." tukas Lapo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.