Sukses

8 Tips Sehat agar Terhindar dari Penyakit Setelah Lebaran

Dengan mengetahui penyakit apa saja setelah lebaran, dan melaksanakan tips yang dianjurkan, kita terhindar penyakit setelah lebaran ini

Liputan6.com, Jakarta Guna terhindar dari sejumlah penyakit yang kerap mengintai usai lebaran atau kekambuhan penyakit kronis, seperti diare, obesitas, kencing manis, pakar kesehatan dari Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia (FKUI), Ari Fahrial Syam memberikan 8 tips sehat yang dapat kita lakukan, dikutip dari keterangan resmi yang diterima Health-Liputan6.com pada Selasa (14/7/2015)

1. Perhatikan kualitas makanan dan minuman yang akan disantap.
2. Perhatikan jumlah kalori dari makanan dan minuman tersebut. Ingat, camilan sekecil apa pun kalau rasanya manis pasti mengandung kalori.
3. Usahakan hanya mengonsumsi 1 macam lauk saja. Jika merasa camilan (kue lebaran) dikonsumsi lebih banyak, kurangilah nasi saat makan besar.
4. Hindari camilan yang mengandung cokelat, keju, dan lemak. Lemak memiliki kalori 2 kali lebih besar dari karbohidrat.
5. Banyak minum lebih dari 2 liter per hari.
6. Banyak mengonsumsi buah dan sayuran-sayuran. Usahakan konsumsi 5 porsi saat makan pagi, siang, malam, dan di sela-sela makanan tersebut.
7. Tetap melakukan aktivitas fisik dan bergerak. Jika bersilahturahmi bisa dijangkau dengan berjalan, usahakan lakukan dengan berjalan.
8. Usahakan tidur minimal 8 jam.

"Dengan mengetahui penyakit apa saja setelah lebaran, dan melaksanakan tips yang dianjurkan, mudah-mudahan kita terhindari penyakit setelah lebaran ini," kata Ari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini