Sukses

Dokter Berhasil Mengeluarkan Pensil dari Dada Bocah 6 Tahun

Tim bedah cardiothoracic dari Maxcure Hospital, Coimbatore, India Selatan sukses mengeluarkan sebatang pensil yang menancap di jantung bocah

Liputan6.com, Jakarta Tim bedah cardiothoracic dari Maxcure Hospital, Coimbatore, India Selatan sukses mengeluarkan sebatang pensil yang menancap di jantung bocah 6 tahun bernama Charan.

Charan mengalami kecelakaan di sekolah, pensil yang dikantonginya menancap di dada, dilansir dari laman Medindia, Selasa (14/7/2015).

Dr Sameer Diwale, kepala bedah kardiovaskular dan thoracic di Maxcure Hospitals, Madhapur, yang mengoperasi Charan mengatakan, "Pensil itu menusuk jantung dalam posisi miring. Posisi ini membuatnya meleset mengenai tulang iga bagian kanan dan menancap di otot jantung."

Ketebalan otot jantung anak usia 6 tahun hanya 5 mm. Karena ujung pensil itu sangat runcing dan dalam posisi miring, pensil itu menancap 1 centimeter ke dalam jantung. Sekitar 7 centimeter dari total panjang pensil 19 centimeter masuk ke dada Charan.

Charan lalu segera dilarikan ke Warangal MGM Hospital, tapi dokter menyarankan orangtuanya untuk membawa bocah itu ke Maxcure Superspecialty Hospital di Kondapur, 170 km lebih jauh, karena kasus itu memerlukan penanganan khusus.

Dr Diwale mengatakan, "Para dokter di rumah sakit sebelumnya tidak berusaha mengeluarkan pensil itu. Mereka memberi antibiotik dan injeksi tetanus untuk memastikan dia tak terkena infeksi. Ini adalah tindakan yang sangat bijak. Mereka bisa mengukur dari scan bahwa anak itu akan kehilangan banyak darah dan perlu penanganan ahli."

Pihak rumah sakit menyatakan prosedur pembedahan untuk mengeluarkan pensil tersebut telah direncakan dengan sangat baik oleh para ahli bedah sehingga pembedahan tersebut berjalan baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.