Sukses

Pasta Gigi Bisa Deteksi Stroke dan Jantung

Para ilmuwan mengklaim, bahan pasta gigi dapat mendeteksi risiko kanker dan jantung

Liputan6.com, London - Para ilmuwan mengklaim, bahan pasta gigi dapat mendeteksi risiko kanker dan jantung. Hanya dengan  menyuntikkan pasien dengan sodium fluoride, pasien yang mengalami pengerasan arteri bisa terdeteksi.

Mengutip laman Dailymail, Senin (13/7/2015), teknik ini juga menggunakan tracer radioaktif, yang kemudian mengikat setiap kalsium yang tidak stabil di arteri.

"Mineral adalah kunci pembekuan darah atau disebut plak dalam kondisi aterosklerosis. Ketika ada plak, maka seseorang berisiko mengalami serangan jantung atau stroke. Namun jika pasien disuntikkan sodium fluoride, plak ini dapat teridentifikasi," kata peneliti.

Ahli jantung dari University of Cambridge, Dr James Rudd mengatakan, teknik ini secara non-invasif dapat mendeteksi aterosklerosis yang tidak stabil.

Sedangkan Dr Anthony Davenport dari Departemen Cambridge of Experimental Medicine dan Immunotherapeutics mengatakan, sodium fluoride yang ditemukan dalam pasta gigi dapat mengikat senyawa kalsium dalam enamel gigi kita. Dengan cara yang sama, ia juga mengikat daerah yang tidak stabil di arteri.

"Dengan teknik ini, kita bisa melihat dan mengukur tingkat radioaktivitas, persis di mana adanya plak. Semoga cara ini dapat dikembangkan lebih lanjut," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.