Sukses

Minum Secangkir Teh Tiap Hari Bikin Panjang Umur

Obat mujarab kehidupan bisa sesederhana minum secangkir atau dua cangkir teh.

Liputan6.com, Jakarta Lupakan pil mahal dan ramuan herbal lainnya. Sebab obat mujarab kehidupan bisa sesederhana minum secangkir atau dua cangkir teh.

Para peneliti Australia menganalisis catatan kesehatan lebih dari 1.000 wanita berusia 75 tahun ke atas. Semua informasi secara detail mengenai diet mereka, termasuk jumlah asupan teh dan kopi yang mereka konsumsi setiap hari.

Hasilnya, perempuan usia 70-80 tahun bisa menikmati hidup lebih lama hanya dengan konsumsi 2 cangkir teh. Empat puluh persen di antara mereka juga lebih awet muda 5 tahun ketimbang perempuan seusianya.

"Kandungan flavanoid pada teh tampaknya melindungi tubuh terhadap kerusakan akibat penyakit jantung dan kanker. Senyawa ini juga bisa ditemukan pada cokelat, buah, anggur dan kopi," kata peneliti, seperti dikutip Dailymail, Senin (13/7/2015).

Penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Clinical Nutrition ini juga menemukan dosis flavanoid yang perlu dicapai. "Penelitian menunjukkan, seseorang butuh 350 miligram flavanoid yang ada dalam 2 cangkir teh sehari."

Catherine Hood dari Tea Advisory Panel mengatakan, teh merupakan sumber utama senyawa flavonoid. Sebelumnya, penelitian menemukan, konsumsi 2-3 cangkir teh setiap hari bisa mengurangi risiko patah tulang pinggul. Dan penelitian lain mengungkap adanya aktivitas saraf.

Sependapat, Ahli gizi, Dr Carrie Ruxton mengatakan, Anda tidak perlu menunggu sampai tua untuk menikmati manfaat teh. Studi menemukan, minum teh secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit jantung, meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi dan membunuh bakteri yang menyebabkan pembusukan dan bau mulut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.