Sukses

5 Cara Hindari Kena ISPA Saat Mudik

Ini tips hindari salah satu penyakit yang sering diderita pemudik, ISPA.

Liputan6.com, Jakarta ISPA atau Infeksi Saluran Pernapasan Akut merupakan salah satu penyakit yang sering diderita para pemudik yang hari-hari ini mulai pulang ke kampung halamannya seperti disampaikan Guru Besar Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi FKUI, Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama, SpP(K).

Tentunya, semua pemudik berharap tetap sehat agar dapat berkumpul bersama keluarga dengan kondisi kesehatan yang prima. Berikut beberapa hal yang dapat diupayakan untuk mencegah kemungkinan terkena ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) saat mudik seperti pesan tertulis dari Prof. Tjandra berikut ini:

1. Perkuat daya tahan tubuh dengan makan makanan bergizi dan istirahat cukup. Daya tahan tubuh yang baik adalah salah satu modal utama cegah penyakit termasuk ISPA.

2. Hindari kemungkinan tertular dengan sedapat mungkin menghindari kerumunan orang banyak dan jangan kontak dengan orang yang sedang batuk, pilek, demam.

3. Jaga kebersihan dengan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) lebih sering. Hal ini terbukti menurunkan kemungkinan terinfeksi.

4. Jangan menyentuh lubang hidung dan mulut kita dengan tangan kotor. Bisa saja ada virus dan kuman penyebab ISPA di satu tempat yang banyak dipegang orang (gagang pintu, meja antrian, dan lainnya), lalu kuman atau virus itu kita pegang karena memegang gagang pintu itu, misalnya, lalu kita "gosok2" hidung, maka masuklah kuman atau virus itu ke saluran napas kita.

5. Jangan merokok, karena asap rokok dapat menurunkan daya tahan paru dan saluran napas, serta merusak lingkungan dalam konsep Host, Agent & Environment.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Infeksi saluran pernapasan akut merupakan infeksi yang terjadi pada salah satu atau lebih bagian saluran pernapasan.

    ISPA

  • Mudik 2015

Video Terkini