Sukses

Pria Ini Tak Sadar Pelihara Beruang Selama 2 Tahun

Setelah dua tahun memelihara, baru diketahui ia selama ini merawat beruang hitam Asia.

Liputan6.com, Yunnan- Entah apa yang ada di pikiran seorang pria asal Yunnan, Tiongkok kala pertama kali bertemu dengan hewan peliharaannya. Ia pikir hewan tersebut adalah anjing, namun kemudian diketahui beruang.

Beberapa tahun lalu, Wang Kaiyu membeli sesuatu yang dia anggap adalah dua ekor anjing yang berasal dari vendor asal Vietnam. Kaiyu berharap, 'anjing' ini bisa menjaga propertinya dengan baik seperti dilansir laman People, Senin (13/7/2015).

Tapi seiring berjalannya waktu, Kaiyu mulai keheranan dengan perilaku 'anjing-anjing'-nya. Perilaku mereka tidak seperti anjing pada umumnya dan mereka memiliki nafsu makan yang kuat terhadap hewan-hewan di sekitarnya, termasuk ayam peliharaannya.

Ketika melihat pengumuman perlindungan satwa liar dari dinas kehutanan setempat, barulah Kaiyu tersadar. Ternyata apa yang ia pelihara selama dua tahun terakhir bukanlah anjing seperti apa yang ia pikirkan melainkan beruang hitam Asia, yang terancam punah kategori dua.

Sebelum mengetahui hewan yang ia pelihara beruang, Kaiyu masih merawat dan memandikan sendiri hewan yang beratnya sudah capai 50 kg ini. Berat dan ukurannya terus bertambah dan keinginan untuk makan semakin besar.

Meski sedih, Kaiyu akhirnya menyerahkan dua beruang ini ke Wildlife Rescue and Rehabilitation Center Provinsi Yunnan untuk dirawat dan dilindungi. Kaiyu berharap, hewan-hewan ini bisa hidup di lingkungan liar sesuai dengan habitat mereka.

Beruntung, Kaiyu tidak pernah mendapatkan serangan dari beruang ini. Menurut laman whyte.org, beruang berpotensi membahayakan bagi manusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini