Sukses

Orang yang Pandai Membayangkan Aroma Makanan Cenderung Gemuk?

Mereka yang memiliki kemampuan membayangkan bau yang tinggi cenderung memiliki berat badan lebih berat.

Liputan6.com, New York- Ada orang-orang yang bisa membayangkan aroma dengan baik tanpa perlu membauinya. Seperti seorang teman yang bisa membayangkan betapa nikmatnya aroma kue brownies mete yang sedang dipanggang atau harumnya nasi goreng. Ternyata, mereka yang memiliki imajinasi bau yang tinggi cenderung memiliki bobot badan lebih berat dibandingkan yang kurang.

Penelitian ini berawal dari keingintahuan peneliti mengenai kemampuan mengingat bau makanan terkait dengan obesitas. Sebanyak 25 partisipan dilibatkan dalam studi ini. Mereka diminta mengisi kuesioner yang berisi gambaran kemampuan penciuman mereka.

Ternyata, orang-orang dalam studi yang memiliki indeks massa tubuh yang lebih tinggi mempunyai kemampuan membayangkan aroma makanan yang lebih baik dibandingkan orang-orang dengan indeks massa tubuh rendah.

"Orang yang mengalami obesitas (ditandai dengan indeks massa tubuh melebihi normal) lebih mampu membayangkan bau makanan dan non makanan," terang peneliti yang juga penerima beasiswa postdoctoral psikiatri di Yale University, Berkha Patel.

Menurut Patel, kemampuan membayangkan bau bisa mengintensifkan keinginan yang mendorong untuk mengonsumsi makanan tersebut.

"Namun ketika kemampuan membayangkan aroma makanan terdistraksi oleh sesuatu, hal itu bisa membuat jadi tak perlu makan," terang Patel seperti dilansir Live Science, Jumat (10/7/2015).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.