Sukses

Aneka Jus Peredam Sariawan

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab sariawan.

Liputan6.com, Jakarta Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab sariawan. Selain kondisi tubuh yang tidak fit, stres psikologis, kekurangan vitamin C dan zat besi, efek minum obat tertentu, maupun akibat perilaku yang kurang tepat seperti mengonsumsi makanan atau minuman kelewat panas, kebersihan mulut yang tidak terjaga, termasuk lupa mengganti sikat gigi yang sudah rusak.

Kekurangan vitamin C diketahui dapat menyebabkan jaringan di dalam mulut maupun peng¬hubung gusi dan gigi mudah robek, sehingga terjadi perlukaan. Vitamin C juga dikenal sebagai sumber peningkat daya tahan tubuh, sehingga sangat diperlukan ketika kondisi tubuh tidak fit. Tujuannya, supaya kita tidak telanjur menjadi sakit, termasuk terserang sariawan.

Namun, bila sariawan di tempat yang sama tidak kunjung sembuh setelah sebulan, kewaspadaan diperlukan. Bila tidak sedang minum obat tertentu yang berefek menim¬bulkan sariawan, perlu diketahui bahwa sariawan membandel juga merupakan tanda-tanda adanya kanker di mulut.

Banyak makan sayur dan buah yang mengandung vitamin C, vitamin B, dan zat besi merupakan cara tepat mencegah terjadinya sariawan yang disebabkan oleh menurunnya kondisi tubuh dan kekurangan nitrisi. Salah satu cara mudah untuk mengonsumsinya adalah dengan jus.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bayam semangka

Bayam Semangka
Bahan:
1 genggam daun bayam
1 mangkuk semangka
1 buah cabai merah, buang bijinya
1 kelingking jahe

Cara membuat:
Bayam, jahe, dan cabai dicuci bersih. Siapkan jus ekstraktor. Masukkan bahan satu persatu, tuang sarinya ke dalam gelas. Siap diminum. 

 

3 dari 4 halaman

Brokoli jeruk

Brokoli Jeruk
Bahan:
1 bonggol kecil brokoli
1 buah wortel besar
1 mangkuk kubis
2 buah jeruk medan

Cara membuat:
Semua bahan dicuci bersih, wortel dikupas. Setelah semua dipotong-potong, ambil sarinya menggunakan jus ekstraktor. Tuang ke dalam gelas. Jeruk dibelah dua lalu diperas. Tambahkan ke dalam gelas, aduk, siap diminum.

 

 

4 dari 4 halaman

Pepaya stroberi

Pepaya Stroberi
Bahan:
1 mangkuk pepaya potong
5 buah stroberi
4 buah jeruk medan

Cara membuat:
Stroberi dan jeruk dicuci bersih. Jeruk dibelah dua lalu diperas. Siapkan blender. Masukkan potongan pepaya dan stroberi berikut perasan air jeruk. Tambahkan secangkir air putih. Haluskan sampai lembut, tuang ke dalam gelas, siap diminum. w

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini