Sukses

Makanan yang Harus Dihindari Saat Puasa

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan mengingatkan masyarakat untuk mengurangi konsumsi gorengan

Liputan6.com, Jakarta Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan mengingatkan masyarakat untuk mengurangi konsumsi gorengan saat berbuka puasa karena jenis makanan tersebut sulit dicerna.

"Kurangi konsumsi gorengan, makanan bersantan atau makanan tinggi lemak lainnya saat berbuka puasa," kata Kepala Balitbangkes, Tjandra Yoga Aditama di Jakarta, Selasa.

Dia menambahkan, masyarakat juga sebaiknya menghindari makanan yang mengandung kafein seperti kopi dan teh yang berlebihan karena bersifat diuretik atau mengeluarkan air dari tubuh. "Konsumsi makanan yang sangat penting untuk ditingkatkan adalah sayuran dan buah," katanya.

Sayuran dan buah-buahan mengandung serat yang tinggi sehingga lambat dicerna dan membuat rasa kenyang yang lebih lama. Selain itu buah dan sayuran mengandung vitamin dan mineral karena berfungsi membantu metabolisme zat gizi lainnya.

Sementara, mineral yang penting dikonsumsi selama berpuasa adalah kalium. "Karena dapat menjaga keseimbangan air tubuh," katanya. Buah-buahan dengan kandungan kalium tinggi, di antaranya kurma, jambu merah, srikaya dan lain sebagainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini