Sukses

Tiga Kombinasi Jus Pereda Asma

Bagi yang tak ingin mengalami gangguan asma, cobalah kombinasikan bahan-bahan yang mengandung semua vitamin dan mineral

Liputan6.com, Jakarta Siapa pun yang mengidap asma, wajib tahu kondisi dan sumber pangan yang bisa memicu kekambuhan. Bukan jarang, alergi makanan tertentu memainkan peran penting terhadap serangan asma. Yang paling umum menjadi sumber alergi adalah makanan berbahan susu, ikan, kerang-kerangan, kacang-kacangan, cokelat, jeruk citrus, dan makanan yang diberi pewarna.
Tentu setiap orang memiliki alergen yang berbeda. Namun, untuk amannya para penderita asma disarankan untuk menghindari makanan yang mengandung bahan tambahan: pewarna, pengharum, perasa, dan sebagainya.

Nutrisi yang sangat dianjurkan adalah asam lemak esensial, magnesium, vitamin B12, vitamin C dan E. Konsumsi tinggi EPA dan DHA berkaitan dengan rendahnya kejadian asma. Magnesium membuat otot-otot rileks, kalau kekurangan risiko gangguan saluran tenggorok meningkat.
Vitamin B12 menurut pakar, terbukti sukses untuk terapi asma, khususnya anak-anak. Pada orang dewasa, kekurangan vitamin E berkaitan dengan kejadian asma, terutama perempuan. Sementara itu, vitamin C bisa segera mengatasi jalan napas.

Parsley, misalnya, bagi masyarakat Barat dikenal sebagai obat alergi, sedangkan lobak dipakai untuk mengobati asma. Masyarakat kita menggunakan bawang putih untuk menghilangkan lendir yang menyumbat saluran pernapasan.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kombinasi Jus

Bagi yang tak ingin mengalami gangguan asma, cobalah kombinasikan bahan-bahan yang mengandung semua vitamin dan mineral tersebut ke dalam segelas jus.

Jus Wortel Parsley
Bahan:
1 genggam kecil daun parsley
2 buah wortel ukuran sedang
2 batang seledri
1/2 buah jeruk nipis
Cara membuat:
Semua bahan dicuci bersih, wortel dikupas bila bukan organik, potong-potong seperlunya. Siapkan jus ekstraktor, masukkan satu per satu bahan. Tuang sarinya ke dalam gelas, siap diminum.

Jus Tomat Lobak
Bahan:
3 buah tomat merah besar
4 buah lobak merah kecil
1 buah wortel ukuran sedang
1/2 buah jeruk nipis
Cara membuat:
Setelah semua bahan dicuci, wortel dikupas lalu dipotong-potong. Masukkan satu per satu potongan bahan ke dalam jus ekstraktor untuk diambil sarinya. Tuang ke dalam gelas, siap untuk diminum. w

Jus Bit Wortel

Bahan:

3 buah wortel ukuran sedang
1/2 buah bit ukuran kecil
2 batang seledri
1 bonggol brokoli ukuran kecil
1/2 buah jeruk nipis
Cara membuat:
Semua bahan dicuci bersih, wortel dikupas, lalu dipotong-potong. Siapkan jus ekstraktor untuk mengambil sari sumber magnesium tersebut. Tuang ke dalam gelas, siap diminum. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini