Sukses

BAB Tak Lancar, Bantu dengan 5 Cara Ini

BAB yang tidak normal menyebabkan ketidaknyaman yang cukup mengganggu.

Liputan6.com, Jakarta - Ada dua kondisi yang menandakan buang air besar (BAB) yang kita lakukan tidak berjalan normal. Ketika tinja terlalu cepat keluar (diare) dan ketika tinja terlalu lambat keluar (sembelit).

BAB yang tidak normal menyebabkan ketidaknyaman yang cukup mengganggu. Setelah bangun tidur Anda tidak mengeluarkan kotoran sama sekali, itu tandanya Anda membutuhkan obat pencahar. Jika semua berjalan normal, berarti dalam keadaan baik-baik saja.

Di bawah ini terdapat sejumlah tips agar BAB berjalan normal dan dalam keadaan baik-baik saja dikutip dari situs Boldsky, Selasa (7/7/2015)

1. Lidah buaya

Setelah bangun, minumlah air putih yang telah dicampur beberapa tes gel lidah buaya. Hal ini membantu pergerakan usus ke arah yang lebih baik.

2. Plum

Plum mengandung serat dan antioksidan. Mengonsumsi plum secara teratur membantu melancarkan sistem pencernaan kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Konsumsi cabai

3. Konsumsi cabai

Memang, terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas tidak dianjurkan karena tidak menyehatkan. Tapi, mengonsumsi beberapa buah cabai dapat merangsang sistem pencernaan kita.

4. Air putih

Meminum beberapa gelas air putih setelah menyikat gigi membantu tubuh kita mengeluarkan semua racun melalui pencernaan. Minum air putih juga menjaga tubuh dalam keadaan terhidrasi.

5. Apel

Mengonsumsi buah apel secara teratur memudahkan kita membuang semua racun di tubuh. Apel mengandung pektin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini