Sukses

5 Pengobatan Rumah Pereda Hidung Tersumbat

Berikut solusi terbaik mengobati hidung tersumbat yang terbuat dari bahan-bahan alami

Liputan6.com, Jakarta Hidung tersumbat umum terjadi karena pembengkakan di hidung, sinusitis, atau alergi tertentu. Ketika tubuh terasa dingin, selaput bagian dalam lubang hidung meradang yang menyebabkan sensasi terbakar di hidung.

Penderita hidung tersumbat dianjurkan segera mengobati kondisi tersebut agar tidak menjalar ke telinga yang menyebabkan infeksi. Berikut solusi terbaik mengobati hidung tersumbat yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti dikutip Boldsky, Selasa (7/7/2015)

1. Air garam

Rendaman air garam membantu membuka jalan untuk hidung yang tersumbang, dan menghilangkan partikel dari virus dan bakteri yang ada di hidung.

2. Hirup rendam air mint

Daun mint adalah tanaman herbal yang berguna untuk mengobati hidung tersumbang. Masak air sampai mendidih, tambahkan daun mint yang sudah ditumbuk. Diamkan selama dua menit, setelah itu hirup. Ulangi proses ini sebanyak dua kali dalam sehari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hangatkan hidung

3. Hangatkan hidung dengan kain basah

Masak air hingga mendidih, lalu masukkan kain katun lembut. Peras dan taruh dihidung selama 2 menit.

4. Makanan pedas

Makanan pedas ampuh mengeluarkan lendir yang tersumbat di hidung.

5. Teh lemon

Tambahkan 2 sampai 3 tetes perasan lemon ke dalam secangkir teh hitam panas. Tambahkan satu sendok madu, dan minum secara perlahan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini