Sukses

4 Gangguan Kesehatan yang Umum Dialami Wanita, Waspadalah

Untuk menjaga kebugaran fisik serta kesehatannya, wanita membutuhkan nutrisi lengkap.

Liputan6.com, Jakarta Untuk menjaga kebugaran fisik serta kesehatannya, wanita membutuhkan nutrisi lengkap. Berdasarkan Indonesia Health Profile 2005 yang dilaporkan oleh Departemen Kesehatan RI, 80 persen penderita osteoporosis dan anemia adalah wanita. Beberapa gangguan kesehatan yang umum dialami wanita, antara lain :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mudah lelah

1. Mudah lelah.
Metabolisme wanita lebih lam¬bat daripada pria. Basal metabolic rate (tingkat metabolisme pada kondisi istirahat) pria 10 persen lebih tinggi dibandingkan dengan wanita. Karena itu, wanita cenderung lebih banyak mengubah makanan menjadi lemak, sedangkan pria lebih banyak mengubah makanan menjadi otot dan cadangan energi siap pakai.

Itu sebabnya pria cenderung lebih kuat dan lebih mampu melakukan pekerjaan berat. Hal ini pula yang menyebabkan wa¬nita lebih mudah lelah bila melakukan pekerjaan fisik. Ka¬renanya, wanita membutuhkan lebih banyak vitamin B kompleks yang berperan sebagai koenzim dalam memperlancar proses metabolisme.

3 dari 5 halaman

Rawan keropos tulang

2. Rawan osteoporosis.
Risiko osteoporosis (keropos tulang) sangat tinggi pada wanita, apalagi setelah menopause. Hal ini karena pria memiliki massa tulang lebih tinggi serta tidak secepat wanita dalam proses perombakan kalsium tulang. Inilah mengapa wanita membutuhkan zat-zat pembentuk tulang lebih banyak daripada pria, seperti kalsium dan vitamin D.

4 dari 5 halaman

Anemia

3. Risiko anemia.
Risiko anemia pada wanita lebih tinggi dibandingkan pria. Penyebabnya, faktor menstruasi, masa kehamilan dan menyusui, serta proses melahirkan. Bila dibiarkan, kondisi anemia akan mengakibatkan darah tidak mampu mengangkut oksigen, sehingga tubuh jadi lemas, kurang bertenaga, dan bisa tidak sadarkan diri. Itu sebabnya wanita perlu teratur mengonsumsi zat penambah darah seperti zat besi (Fe Fumarate), asam folat (Folic Acid) dan vitamin B12.

5 dari 5 halaman

Penuaan dini

4. Penuaan dini.
Kaum wanita umumnya sangat mementingkan penampilan dan kesehatan kulitnya. Ironisnya, kulit wanita yang lebih halus dan indah ketimbang pria, justru lebih mudah rusak dan lebih cepat menua. Dari hasil penelitian terhadap efek kerusakan akibat sinar ultra violet (UV), ditemukan bahwa kulit wanita lebih cepat berkurang elastisitasnya dan lebih mudah berkerut dibandingkan kulit pria.

Kondisi ini sering diperburuk oleh penggunaan kosmetika yang kurang cocok dengan kulit. Penuaan dini akan membuat penampilan wanita lebih tua dibandingkan usia yang sesungguhnya. Karena itu, wanita butuh nutrisi untuk menjaga kesehatan kulit seperti antioksidan dari golongan vitamin A, C, dan E.

Selain melalui asupan makanan sehari-hari, pasokan nutrisi tersebut dapat didapatkan dari suplementasi yang tepat sesuai kebutuhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini