Sukses

Diet 5 Hari Mirip Puasa yang Dapat Turunkan Kadar Glukosa

Nama diet ini adalah fasting mimicking diet, di mana efek menguntungkan puasa akan didapat. Seperti menurunkan kadar glukosa darah turun.

Liputan6.com, London - Peneliti dari University of Southern California menciptakan diet meniru tata cara berpuasa (fasting mimicking diet), di mana efek menguntungkan dari puasa akan didapat tetapi juga memastikan asupan vitamin dan mineral penting yang dapat menimalisir beban selama berpuasa.

Pengurangan jumlah kalori yang dimakan selama lima hari dalam sebulan membantu kita hidup lama. Selain itu, individu yang menjalani diet ini secara rutin, terhindar dari risiko penuaan, diabetes, penyakit jantung, dan kanker dibanding mereka yang tidak berpuasa.

Dikutip dari situs Daily Mail, Selasa (7/7/2015), diet ini mengharuskan kita mengurangi jumlah kalori yang dimakan sebanyak 34 sampai 54 persen. Pada hari pertama diet, kita hanya boleh mengonsumsi makanan dengan jumlah kalori sebesar 1.090 ccal, sedangkan pada hari kedua hingga hari ke-5 turun jadi 725 ccal.

Sekilas diet ini mirip dengan diet mayo. Individu harus kembali ke diet normal selama beberapa minggu ke depan sebelum mengulangi berpuasa selama lima hari pada bulan berikutnya. Begitu seterusnya.

Hasil tes menemukan, selama periode tiga bulan pertama, kadar glukosa darah turun sebanyak 10 persen selama hari-hari puasa. Tapi tetap sekitar enam persen lebih rendah secara menyeluruh. Zat kimia dalam tubuh yang disebut IGF1 yang berhubungan dengan penyakit penuaan pada manusia berkurang sebesar 24 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini