Sukses

Waspadai Lokasi Penyimpanan Lemak di Tubuh Kita

Lokasi penyimpanan lemak di bawah kulit berada di kantong pipi, kantong perut, hingga kantong leher.

Liputan6.com, Jakarta Terdapat 7 lokasi penyimpanan lemak di bawah kulit kita. Kantong pipi, kantong perut, kantong lengan, kantong punggung, kantong paha, dan kantong leher. Dan ukuran kantong tiap individu berbeda-beda.

Saat kita menyinggung tentang kesehatan, bukan berat badan dan kadar lemak saja yang patut dibahas, tetapi juga lokasi penyimpanan lemak tersebut. Sebab, masing-masing lokasi menandakan kondisi kesehatan kita.

Seperti kantong perut, yang selama ini selalu dikaitkan dengan risiko diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan penyakit jantung. Sedangkan lemak yang terkumpul di sekitar pinggul dan bokong, tidak berisiko sebesar di perut.

"Untuk alasan inilah mengukur lingkar perut adalah suatu hal yang penting untuk dilakukan," kata Ade Rai dalam buku berjudul Bakar Lemak Tanpa Lapar Tanpa Lemas dikutip Health Liputan6.com, Senin (6/7/2015)

Ade Rai juga menjelaskan cara pengukuran lemak masing-masing individu dan sesuai kelaminnya.

Pria : Tempatkan pita pengukur mengelilingi perut melintasi pusar. Pastikan pusa berada pada titik terluar.

Wanita : Ukurlah bagian terkecil dari perut antara tulang panggul dan iga yang terakhir.

Selain kantong-kantong tubuh di bawah kulit, tubuh juga menyimpan lemak berlebih di organ-organ bagian dalam seperti usus, lambung, jantung, pembuluh darah (dalam bentuk endapan kolesterol), dan hati. Penumpukan lemak pada organ tubuh ini memiliki faktor risiko mengancam jiwa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.