Sukses

Sehatkan Orang Tua dengan Ramuan Tradisional

Dua bumbu dapur itu ampuh melancarkan peredaran darah dan menghilangkan pegal linu, terlebih bagi orang tua.

Liputan6.com, Jakarta - Kencur dan cabai jawa mengandung zat piperin dan piperanin yang memiliki sifat menghangatkan. Dua bumbu dapur itu ampuh melancarkan peredaran darah dan menghilangkan pegal linu, terlebih bagi orang tua. Apalagi bila kedua bahan itu dicampur dengan bahan-bahan lainnya, seperti temu lawak, lempuyang emprit, dan kedawung. Campuran itu bisa menjadi jamu sehat yang cocok dikonsumsi secara rutin oleh orang tua.

Dikutip dari buku Resep Sehat & Ayu dengan Ramuan Tradisional Jawa, Senin (6/7/2015), kedawung mengandung zat pahit yang berkhasiat menambah nafsu makan, sehingga tubuh orang tua menjadi segar. Bahkan dapat mengeluarkan lemak tubuh, mencegah anemia, dan osteoporosis.

Untuk itu, coba jadikan bahan-bahan itu sebagai jamu sehat untuk orang tua.

Bahan :

2 biji cabai jawa
1 jari rimpang lempuyang emprit
1 rimpang kencur
1 rimpang temu lawak sebesar telur ayam
1/2 jari jari bangle
5 biji kedawung

Cara membuat :

Cuci bersih semua bahan. Sangrai biji kedawung sampai kering, buang kulitnya, dan ambil isinya. Setelah itu, tumbuk semua bahan sambil diberi 1/2 gelas air matang. Setelah halus, peras, dan saring. Beri sedikit madu saat akan diminum. Ramuan ini cukup diminum 2 hari sekali saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini