Sukses

Berapa Banyak Berat Badan Anda Turun Selama Berpuasa?

Jika berat badan turun, berarti Anda telah melakukan puasa sesuai anjuran. Jika berat badan naik, artinya telah salah memaknai puasa

Liputan6.com, Jakarta - Cukup mudah untuk mengetahui apakah kita tergolong individu yang sehat atau tidak selama berpuasa. Apalagi puasa Ramadan telah memasuki hari ke-19. Bagi individu yang ingin berat badan turun, seharusnya mimpi itu sudah terwujud.

"Simpel saja. Anda tidak pernah batal puasa dan berat badan Anda turun," kata Division of Gastroenterology, Departement of Internal Medicine, Universitas Indonesia, Ari Fahrial Syam, MD.PhD,FACP dikutip dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Senin (6/7/2015)

Untuk itu, Ari menganjurkan untuk segera ke alat timbang berat badan, dan ukur berat badannya.

"Jika berat badan turun, berarti Anda telah melakukan puasa sesuai anjuran. Jika berat badan naik, artinya telah salah memaknai puasa," kata Ari menambahkan.

Itu menandakan kita tidak melakukan pengendalian diri dalam hal mengonsumsi makanan dan minuman. Padahal telah diberi kesempatan mengatur pola makan.

Jika kita salah seorang yang mengalami kenaikan berat badan selama berpuasa, Ari menyarankan agar lebih berhati-hati dalam menyantap setiap makanan ketika waktu berbuka. Sebab, bila kita kita tetap berlebihan dalam menyantap apa pun di sisa puasa ini, kondisi akan semakin parah.

"Berat badan kita akan naik lebih parah lagi, bahkan bisa lebih dari pada sebelum puasa Ramadan," kata Ari menerangkan.

Sebagai praktisi klinis dan pengamat kesehatan, Ari sendiri berhasil menurunkan berat badan sebanyak tiga kilogram selama puasa Ramadan ini. Dia berharap berat badannya mengalami penurunan hingga empat kilogram di akhir puasa nanti guna mencapai penurunan berat badan sebesar 5 persen selama puasa Ramadan.

Menurut Ari, 5 persen adalah target yang bisa dicapai seseorang setelah berpuasa penuh di bulan Ramadan. "Sedangkan penelitian yang saya lakukan dua tahun lalu, serta berbagai metaanalisa yang dilakukan di luar negeri, penurunan berat badan terjadi rata-rata 2-2,5 persen setelah puasa Ramadan," kata Ari.

Lebih lanjut, berbagai kepustakaan menyebutkan penurunan berat badan yang ideal adalah 1 sampai 2 pound per minggu atau 0,45 sampai 0,9 kilogram per minggu.

"Jadi, 3,6 kilogram masih oke dalam 1 bulan," kata Ari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.