Sukses

8 Keuntungan Tetap Berteman dengan Mantan Pacar

Kenapa Anda harus tetap menjalin pertemanan dengan mantan pacar?

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang putus dari pacar menyisakan luka di hati. Tak heran bila banyak pula yang enggan berhubungan lagi dengan si dia. Mau berhubungan bagaimana, melihat fotonya saja mungkin bisa mengorek luka yang lebih dalam apalagi menjalin hubungan lagi meski hanya berteman.

Namun, mtv.com mencoba memberi jalan keluar dengan beragam alasan kenapa Anda harus tetap menjalin pertemanan dengan si dia.

1. Agar jaringan pertemanan dengan yang kawannya si dia tetap jalan.
Tentu sudah banyak teman si eks (mantan pacar/pasangan) yang juga menjadi teman kita bahkan juga sudah jadi partner kerja/bisnis. Tetap menjalin hubungan baik dengan si eks tak akan mengubah hidup termasuk juga jaringan bisnis Anda.

2. Tetap membuat hidup Anda berjalan nyaman
Kebanyakan konflik yang berujung pada putusnya satu hubungan atau relasi menimbulkan rasa sakit, kepahitan, bahkan trauma mendalam. Biasanya ini akan menyulitkan Anda untuk move on (maju) dan menjalani hidup dengan normal dan melanjutkan kerja dengan baik. Bahkan juga menyulitkan kita mencari pasangan baru. Kalau hubungan dengan si eks tetap baik, semua itu tak akan terjadi. Hidup Anda tetap nyaman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tetap punya teman yang baik

3. Anda tetap mendapat teman yang memang kenal diri Anda dengan baik
Biasanya eks lebih tahu diri Anda lebih baik daripada orang lain. Jadi, dengan tetap menjalin pertemanan bahkan persahabatan, Anda tetap punya teman yang tahu tentang diri Anda lebih baik dari orang-orang lain yang mungkin sedang mendekati Anda atau Anda dekati.

4. Tidak ada yang perlu dipertengkarkan
Tentu saja salah satu alasan kuat untuk tetap menjalin hubungan baik adalah karena memang tidak ada yang perlu dipertengkarkan atau dipertentangkan antara si eks dengan Anda. Jadi, ya, lanjutkan saja berteman.

3 dari 4 halaman

Bahan candaan

5. Banyak hal yang bisa dijadikan bahan candaan yang menghibur diri sendiri dan si eks
Anda bisa bercanda bahkan saling mengejek tanpa harus merasa tidak enak atau ditolak. Bahkan Anda bisa mengungkapkan hal-hal di luar yang biasanya Anda bicarakan selama menjaliln hubungan. Jadi, tetap berteman dengan si eks dijamin membuat Anda bisa terhibur tanpa harus gelisah apakah dia bakal sakit hati atau tidak.

6. Tidak ada beban bagi Anda untuk melanjutkan hubungan yang lebih lanjut dengan pasangan baru
Tentu pertemanan yang baik (dengan si eks) tidak akan menghambat Anda maju lebih jauh terutama dengan orang lain selain si eks. Semua bakal mulus dan menyenangkan. Anda juga tidak terbelenggu oleh bayangan masa lalu. Bahkan kalau perlu eks mendukung dan mendoakan hubungan Anda dengan orang lain.

4 dari 4 halaman

Tetap bahagia

7. Anda tetap bahagia, pasangan Anda yang baru juga bahagia
Ini karena tidak ada hal yang mengganjal di masa lalu. Apalagi kalau si eks juga kenal baik dengan calon pacar atau pasangan Anda. Jadi, Anda tidak perlu mencari tahu dengan siapa dan bagaimana calon pacar atau sebaliknya calon pacar/pasangan tidak perlu mencari tahu dulu Anda dengan siapa dan bagaimana Anda menjalani hubungan masa lalu.

8. Anda akan berkembang sebagai pribadi yang dewasa
Ini bisa terjadi bila Anda menyadari bahwa kegagalan berelasi bukanlah menghabiskan waktu, melainkan sebagai satu sarana untuk belajar hidup, belajar mengenal orang lain dengan baik. Bahkan juga belajar mengenal diri sendiri. Dengan demikian Anda akan tumbuh dan berkembang sebagai manusia dewasa yang utuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini