Sukses

Nikmatnya Puasa Sambil Cek Kesehatan Gratis

Sejak siang hingga malam, jemaah yang datang ke Masjid Istiqlal ini bisa memeriksakan kesehatannya di Pusat Konsultasi.

Liputan6.com, Jakarta Menjalani puasa saat Ramadan dengan kesehatan prima tentu jadi keinginan semua umat Muslim. Tapi bagi beberapa orang kerap muncul beberapa keluhan kesehatan akibat perubahan pola makan kala puasa.

Terkait hal tersebut, Promag bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyediakan pojok konsultasi di Masjid Istiqlal, Jakarta pada Jumat (3/7/2015).

Sedari siang hingga malam, jemaah yang datang ke masjid yang terletak di kawasan Gambir, Jakarta Pusat ini bisa memeriksakan kesehatannya di Pusat Konsultasi. Mulai dari konsultasi dengan dokter hingga pengecekan tekanan dan gula darah, semuanya secara gratis.

Antusiasme paling terlihat usai sholat tarawih. Sekitar 10 dokter dibantu perawat siap memeriksa dan melayani pengunjung yang ingin berkonsultasi atau cek kesehatan.

"Secara umum pasien banyak mengeluhkan sakit perut, mual, pusing ya karena puasa," terang salah satu dokter yang bertugas, Azhar Arsyad.

Program yang digagas Promag dan IDI ini pun mendapat respon positif dari pengunjung. Para jemaah yang memanfaatkan Pusat Konsultasi ini sangat merasakan dampak positifnya. Seperti Inez (24) asal Jakarta yang merasa dibantu diingatkan para dokter yang bertugas tentang cara menjaga kesehatan kala puasa. 

Isti (23) juga merasakan hal serupa. Keluhannya mudah mengantuk di siang hari mendapat jawaban.

"Kami harap dengan adanya konsultasi langsung antara pasien dan dokter bisa membantu mengedukasi umat Muslim yang menjalankan puasa sehingga lancar puasanya dan sehat," tutur Penanggungjawab Tim Dokter yang bertugas di Istiqlal, Ardiansyah Bahar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.