Sukses

Annette Sukses Lawan Kanker dengan Diet Sehat

Liputan6.com, Jakarta Annette Brown (50) bertekad melanjutkan hidup setelah didiagnosis mengalami kanker payudara pada November 2009. Dia melakukan diet sehat dan memesan makanan ke Obsidian Wellness Centre di Spanyol selama dua minggu dan menemukan pola makan yang sehat.

Dia mengatakan, mengonsumsi jus sayur, yoga, boxercise (latihan tinju) dan berjalan bisa membuat hidupnya lebih baik. 

"Pengobatan mungkin telah selesai tapi saya masih melakukan hidup sehat untuk menguatkan tulang punggung yang digerogoti kanker," katanya, seperti dikutip Mirror, Minggu (5/7/2015).

Annette


Berikut ini, ada beberapa tips makanan yang dia bagikan untuk melawan dan mencegah kanker: 

1 dari 3 halaman

Makanan tinggi energi

1. Mengonsumsi makanan tinggi energi

Banyak pasien merasa kehilangan nafsu makan, terutama saat kemoterapi. Tapi mereka harus tetap makan meski dalam jumlah kecil untuk menjaga stamina. Konsumsi krim, keju, madu, kacang-kacangan dan mentega mungkin bisa membantu."

2. Makan saat lapar

Apapun yang Anda rasakan, saat lapar, konsumsi makanan bergizi.

3. Menjaga mulut bersih

Kemoterapi dapat menyebabkan bisul, infeksi, gusi berdarah dan mulut kering. Yohanes mengatakan, Anda bisa mengonsumsi nanas, limun atau permen agar mulut tidak kering dan luka.

4. Jangan biarkan berat badan naik

Setelah pengobatan kanker, nafsu makan biasanya kembali.  Hati-hati dengan kenaikan berat badan yang tak sehat yang berujung pada kanker. Ganti makanan Anda seperti buah, sayuran, pasta, kentang dan daging putih. 

2 dari 3 halaman

Menjaga kalsium

5. Menjaga kalsium

Kepadatan tulang dan osteoporosis dapat menjadi masalah jangka panjang bagi pasien kanker payudara pada terapi hormon. "Anda mungkin akan disarankan untuk mengambil suplemen, tetapi saran saya, Anda harus mendapatkan semua vitamin melalui diet seimbang."

6. Minum cukup

Setelah pengobatan, sebagian besar pasien mungkin dapat menikmati minuman lain. Tapi tetaplah konsumsi air putih yang utama.

7. Pribadi yang aktif

Banyak pasien mengalami kelelahan setelah pengobatan. Tapi secara bertahap, Anda harus tetap berolahraga untuk memulihkan energi dan perasaan positif.

"Tidak selalu berarti Anda harus bergabung di gym. Cukup jalan kaki di taman dan lama-kelamaan jaraknya bisa ditambah. Selain itu, Anda juga bisa menari, berkebun dan melakukan hal yang Anda sukai."

Artikel Selanjutnya
Ternyata Cokelat Hitam Bisa Tingkatkan Kesuburan Pria
Artikel Selanjutnya
Amankah Bercinta Selama Trisemester Pertama Kehamilan?