Sukses

Ramuan Penghilang Pegal Linu

Kencur, jahe dan daun kumis kucing bisa dijadikan ramuan untuk mengatasi pegal linu.

Liputan6.com, Jakarta Pegal dan linu karena aktivitas yang begitu padat membuat tubuh kita malas melakukan apa pun. Inginnya merebahkan diri, agar pegal dan linu tersebut tak terasa.

Namun, karena suatu kondisi tertentu membuat kita harus tetap melakukan aktivitas meski badan dalam keadaan pegal dan linu. Untuk itu, cobalah meminum jamu pegal linu yang dapat diracik sendiri di rumah.

Berikut bahan-bahan dan cara membuatnya yang dikutip dari buku berjudul Resep Sehat & Ayu dengan Ramuan Tradisional Jawa, Jumat (3/7/2015).

Bahan

1 genggam daun remujung (kumis kucing)

2 rimpang kencur

2 rimpang jahe

1/2 sendok teh adas

10 butir cengkih

Cara membuat

Cuci bersih semua bahan lalu tumbuk hingga halus. Tambahkan 1/2 gelas air matang lalu saring. Saat akan diminum, beri sedikit gula aren. Minum ramuan ini dua kali sehari pagi dan sore.

Khasiat

Sifat panas pada kencur, jahe, adas, dan cengkih yang berkhasiat menghangatkan dapat membantu mengurangi rasa pegal linu dan menghilangkan bengkak akibat rematik. Selain itu, daun remujung (kumis kucing) yang bersifat diuretik akan mengatasi asam urat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini