Sukses

Ini Dia Penyebab Kenapa Orang Indonesia Gampang Menggemuk

Lemak memberikan rasa nikmat dan gurih pada masakan, sehingga dianggap sebagai elemen penting dalam membangun selera makan orang Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Apa pun jenis makanan yang dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan penumpukan lemak di tubuh. Namun, dari tiga jenis nutrisi makro, lemak dan karbohidrat lah yang dianggap paling mungkin menyebabkan penumpukan lemak di tubuh kita.

Binaragawan Ade Rai mengungkapkan, ini karena begitu mudahnya kita mendapatkan sajian makanan yang mengandung lemak dan karbohidrat. Sedangkan protein, tidak terlalu mudah ditemukan.

"Selain itu, pengaruh lemak dan karbohidrat juga sangat langsung terhadap sistem penyimpanan lemak tubuh," kata Ade Rai dalam buku Bakar Lemak Tanpa Lapar Tanpa Lemas dikutip Health Liputan6.com pada Jumat (3/7/2015)

Lemak, lanjut Ade Rai, dengan nilai kalori yang tinggi begitu mudah menyelinap ke dalam pola makanan sehari-hari. "Penyajian makanan dengan cara menggoreng adalah sangat populer dalam diet orang Indonesia. Lemak memberikan rasa nikmat dan gurih pada masakan, sehingga dianggap sebagai elemen penting dalam membangun selera makan," kata dia menambahkan.

Sama halnya dengan lemak, karbohidrat pun mudah sekali kita temui di dalam makanan yang kaya tepung dan gula. Di mana kedua bahan makanan ini tidak dapat dihindari oleh masyarakat kita. 

"Rasa manis pada makanan serta berbagai kreasi penganan menjadikan karbohidrat seperti nasi dan jagung sebagai makanan pokok," kata Ade Rai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.