Sukses

Sulit Dapatkan Perut Rata? Ini 7 Penyebabnya

Beberapa hal yang mungkin tak terduga sebabkan sulit dapatkan perut rata.

Liputan6.com, New York- Memiliki perut rata bahkan six pack tak cuma keinginan kaum hawa, para pria pun miliki keinginan yang sama. Kondisi ini membuat seseorang lebih percaya diri kala mengenakan pakaian, tak ada lagi ada perut menonjol di balik pakaian.

Banyak orang sudah berusaha mendapatkan perut rata dengna berbagai olaharaga mulai dari sit-up hingga lari tapi kok belum mendapatkan hasil yang diinginkan ya? Nah, bisa jadi perut belum juga rata disebakan oleh beberapa hal berikut ini seperti dikutip Allwomenstalk, Jumat (3/7/2015).

1. Konsumsi makanan tinggi natrium

Foto: Money Signs
Sudah giat berolahraga dan mengurangi kalori tapi masih banyak konsumsi makanan tinggi natrium akan membuat perut Anda tetap terlihat besar. Terlalu banyak sodium bisa menyebabkan tubuh menyimpan banyak air. Saat perut kembung, perut dan paha akan terlihat besar. 

Oleh karena itu, batasi konsumsi natrium yang masuk ke tubuh maksimal 2.500 mg yaitu sama dengan sekitar satu sendok teh garam meja per hari.

2. Terlalu banyak minum minuman bersoda

(Foto: Rahadiona)
Aneka minuman bersoda, termasuk diet soda dapat menyebabkan perut tetap berlemak. Banyaknya kadar gula dalam minuman bersoda menyebabkan lingkar pinggang jadi bertambah. Selain itu, minuman bersoda bisa membuat perut memproduksi gas dan memicu kembung. 

Masih ingin perut rata kan? Jika iya, yuk segera pangkas konsumsi soda mulai sekarang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kebanyakan makan susu dan keju

3. Terlalu banyak makan keju dan produk olahan susu lain

Gurihnya mengonsumsi keju bisa membantu hidup lebih lama. (Foto: proforcecarpetcleaning.com)
Susu, keju, yoghurt, dan aneka produk olahan susu lain merupakan sumber kalsium baik. Namun jika Anda termasuk laktosa intoleran, terlalu banyak mengonsumsi makan tersebut meneybabkan perut jadi kembung sehingga nampak lebih besar.
Cobalah menghilangkan aneka produk olahan susu ini beberapa hari dan lihat perbedaan pada perut.

4. Kurang olahraga kardio

Perut rata sulit terwujud jika hanya mengandalkan pengurangan asupan kalori. Mungkin bagi teman Anda bisa berhasil dengan cara itu, tapi tidak bagi semua orang. 

Oleh karena itu, dengan rutin melakukan olahraga kardio seminggu tiga kali dengan masing-masing sesi minimal 30 menit, perut rata segera terwujud. Jika makin rajin berolahraga seperti renang, jogging, senam aerobik, lari dan olahraga kardio lainnya akan mempercepat terbentuknya perut rata yang seksi. Satu lagi, kesehatan jantung pun akan terjaga.

3 dari 4 halaman

Makan berlebihan

5. Tidak melatih otot perut

Selain kardio, untuk membuat perut rata dan seksi butuh juga olahraga yang melatih otot perut. Dengan membangun otot perut, metabolisme meningkat dan kehilangan lemak perut lebih cepat.

Berlatih sit-up, crunch, leg lifts dan planks bisa bantu wujudkan perut rata impian.

6. Makan berlebihan

Hindarilah makan berlebih usai berolahraga dengan 5 cara sederhana berikut ini
Olahraga kardio maupun latihan otot perut tak akan efektif membentuk perut rata bila Anda makan berlebihan. Olahraga bukan alasan untuk makan berlebih, jadi makanlah secukupnya. 

4 dari 4 halaman

Stres

7. Stres

Bila selama bekerja Anda kerap merasa stres, berisiko mengalami penyakit mental seperti depresi dan cemas berlebihan.
Alasan ini mungkin terdengar mengejutkan. Namun, ini memang benar adanya. Stres bisa berdampak menambah berat badan, terutama menimbulkan lemak di sekitar pinggang. Saat stres, otak melepaskan hormon kortisol yang memengaruhi cara tubuh mendistribusikan lemak di perut.

Demi mendapatkan perut rata, coba redakan stres yang melanda. Cukup dengan istirahat, mengurangi perasaan tertekan, bisa juga dengan berlatih pernapasan. Lalu, seimbangkan hal ini dengan olahraga dan diet kalori.

 

Baca juga:

Ini Dia Rahasia Perut Rata Kate Middleton

Senjata Pamungkas Bikin Perut Six Pack

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini