Sukses

5 Cara Usir Pegal Setelah Seharian Bekerja

Ada beberapa jenis pengobatan rumahan yang efektif mengurangi rasa sakit, kekauan, dan kejang otot.

Liputan6.com, Jakarta - Otot-otot cenderung menjadi kaku dan sakit setelah melakukan perjalanan jauh. Kondisi ini kerap dirasakan para pekerja yang harus menghabiskan banyak waktu di jalan karena jarak rumah dan kantor yang relatif jauh. Alhasil, rasa lelah pun tak terbendung begitu tiba di rumah.

Ada beberapa jenis pengobatan rumahan yang efektif mengurangi rasa sakit, kekakuan, dan kejang otot. Dengan bahan-bahan alami, sirkulasi darah menjadi lancar yang bermanfaat menenangkan otot-otot.

Berikut jenis-jenis pengobatan rumahan yang dapat dicoba untuk mengurangi rasa sakit usai melakukan perjalanan jauh setiap harinya, dikutip dari situs Boldsky, Kamis (2/7/2015).

1. Jus ceri 

Buah Ceri

Jus ceri mengandung antioksidan yang diyakini dapat mengurangi peradangan. Cobalah mengonsumsi jus ceri secara rutin guna mengurangi rasa sakit dan peradangan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makanan kaya magnesium

2. Makanan yang kaya magnesium

Bayam, cokelat bubuk, kacang hitam, almond dan kacang mete merupakan makanan yang kaya magnesium yang dapat meredakan nyeri otot dan mencegah terjadinya kram otot.

3. Pijat 

Pijat aromaterapi dapat digunakan bila Anda merasakan sakit kepala yang tidak mengenakkan. Jadi, saat pusing, hindarilah untuk minum obat.

Minyak atsiri berguna sebagai anti-inflamasi, analgesik. Oleh karena itu, memijat bagian yang terasa kaku dengan minyak atsiri efektif mengurangi nyeri di tubuh. Karena pijat sendiri dapat meningkatkan sirkulasi darah ke otot dan menghangatkan. 

3 dari 3 halaman

Terapi dingin

4. Terapi dingin

Terapi dingin (cold therapy) juga dikenal sebagai cryotherapy dapat mengurangi nyeri otot. Kompres dengan es batu dapat memperlambat sirkulasi darah ke bagian yang menyakitkan, yang mengakibatkan berkurangnya rasa sakit.

5. Mandi air hangat atau dingin 

Pantas saja banyak orang menobatkan diri jadi bathroom singer, ternyata kamar mandi bisa buat suara lebih indah.

Mandi air dingin membantu kita meredakan rasa sakit dan pegal. Cara ini dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

Mandi air dingin juga dapat mematikan bagian menyakitkan dan mengurangi rasa sakit. Sedangkan mandi air panas berguna melemaskan otot-otot, mengurangi kejang, dan meredakan stres.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini