Sukses

Cari Tahu Bedanya Kawat Gigi dan Invisalign

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda mempertimbangkan kawat gigi atau invisalign untuk meluruskan gigi Anda, atau gigi anak, Anda mungkin memiliki banyak pertanyaan. Mana yang lebih efektif dan lebih terjangkau?

Menjawab hal tersebut, drg Cory Sridjaja, Sp. Pros dari Hendra Hidayat Dental Clinic mengatakan keduanya dirancang untuk meluruskan gigi dan meningkatkan kualitas senyum Anda. Namun ada beberapa perbedaan yang membuat keduanya memiliki daya tarik.

Penggunaan kawat gigi terdiri dari kurung logam (bracket) yang menempel ke gigi dan diikat bersama oleh kabel (wire) dan karet gelang kecil. Saat ini, Anda bisa mendapatkan bracket yang sesuai dengan warna enamel atau menggunakan berbagai warna yang sesuai keinginan Anda.

Sedangkan invisalign baru dimulai sejak tahun 2000. Jenis perawatan ini memang sengaja dirancang untuk menjadi tak terlihat. Aligner trays yang terbuat dari permukaan yang halus, nyaman, BPA-bebas plastik bening yang dikenakan di atas gigi Anda.

Lebih jelasnya, berikut perbedaan keduanya:

Warna

Kawat gigi: Logam-biasanya perak, dapat membayar ekstra warna

Invisalign: Jelas, tembus pandang

Waktu perawatan

Kawat gigi: 24/7 untuk rata-rata 2 tahun, tergantung kebutuhan pasien

Invisalign: 22-24 jam per hari selama 6-18 bulan tergantung kebutuhan pasien

Cara menjaga kebersihan rongga mulut

Kawat gigi: Menyikat gigi pada kawat teratur; waterpick dapat menjadi alat bantuan

Invisalign: Sistem pembersihan Invisalign dengan menyikat dan merendam Invisalign trays pada air dengan suhu ruangan

Kunjungan klinik

Kawat gigi: Sekali setiap 1 bulan

Invisalign: ubah Invisalign trays setiap 2 minggu, kunjungan setiap 4-6 minggu

Perawatan jangka panjang

Kawat gigi: Retainer dipakai untuk berkelanjutan, mungkin hanya di malam hari

Invisalign: Retainer dipakai untuk berkelanjutan, mungkin hanya untuk malam hari 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pro dan Kontra

Pro

Kawat gigi: lebih efektif untuk masalah yang lebih kompleks, tidak bisa melepas kawat sendiri, tidak ada langkah-langkan pembersihan ekstra diperlukan selain teratur menyikat gigi dan flossing

Invisalign: tembus pandang, dapat dilepas, tidak ada masalah dengan makanan terjebak di antara kawat, tidak ada kesulitan makan, tidak ada ketidaknyamanan dari kawat

Kontra

Kawat gigi: Ada kemungkinan rasa sakit, luka atau ketidaknyamanan dari kawat, juga karena pergerakan gigi. Ada kemungkinan memiliki beberapa perubahan warna gigi pada permukaan braket kawat, ada kemungkinan mengalami kesulitan mengonsumsi makanan lengket dan keras

Invisalign: Ada kemungkinan memiliki rasa tidak nyaman dari pergerakan gigi. Harus melepas tray sebelum makan atau minum apapun kecuali air, harus menyikat gigi setelah makan untuk menghindari food staining.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini