Sukses

1 dari 3 Orang Tak Miliki Toilet Layak Pakai

Baru 68 persen penduduk dunia yang memiliki toilet layak pakai.

Liputan6.com, New York- Bagi banyak orang kehidupan masa kini merupakan masa yang modern tanpa perlu memusingkan masalah toilet. Namun siapa sangka, masih ditemukan banyak penduduk dunia, tepatnya 2,4 miliar orang, mengalami kesulitan mendapatkan akses toilet bersih seperti disampaikan World Health Organization dan UNICEF.

Dari penelitian yang dilakukan kedua organisasi internasional tersebut diketahui baru sekitar 68 persen populasi dunia memiliki akses fasilitas sanitasi yang layak. Sementara sisanya yang belum layak sebagian besar terjadi di Asia Selatan dan sub-Sahara Afrika.

Kondisi ini membuat target sanitasi sehat yang dicanangkan lewat Millennium Development Goals dari PBB tak tercapai meski sudah dilakukan perbaikan di beberapa wilayah.

"Sanitasi yang belum memadai merusak kebersihan pasokan air sehingga menyebabkan banyak orang meninggal karena air," terang Direktur Kesehatan Masyarakat WHO, dokter Maria Neira seperti dikutip laman Time, Rabu (1/7/2015).

PBB berharap, permasalahan ini akan dapat diatasi dan terus menurun dengan target tahun 2030. 

Baca juga

Masih Banyak Warga Banten Tak Memiliki Jamban

532 Jiwa Penduduk Makassar Tak Punya Jamban dan Sulit Air Bersih

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini