Sukses

Desa Gunem, Rembang Bakal Jadi Percontohan Perlindungan Anak

Desa Gunem di Rembang, Jawa Tengah akan akan dijadikan desa model percontohan perlindungan anak.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP-PA) Yohana Yembise mengatakan, Desa Gunem di Rembang, Jawa Tengah akan akan dijadikan desa model percontohan perlindungan anak.

"Desa Gunem dan desa-desa lain yang sudah maju akan dijadikan model percontohan," kata Yohana Yembise di Jakarta, Selasa. Pernyataan menteri ini disampaikan setelah sebelumnya telah berkunjung langsung ke Desa Gunem di Rembang, Jawa Tengah.

Selain itu, Yohana menilai Kabupaten Rembang, Jawa Tengah adalah kabupaten yang memiliki komitmen perlindungan anak terbaik. "Khususnya di Desa Gunem," katanya. Karena itu, dia juga akan menjadikan Rembang sebagai Kota Model Perlindungan Anak di Indonesia.

Menteri Yohana juga mengapresiasi pengurus Desa Gunem yang telah melakukan praktek pencegahan kekerasan terhadap anak di wilayahnya. Menurutnya, hal itu akan menjadi percontohan di tingkat nasional.

Yohana menjelaskan bahwa Kementerian PP dan PA memang sedang berusaha semaksimal mungkin mencari satu model terbaik yang bisa digunakan untuk dapat melindungi anak dari berbagai bentuk kekerasan. "Ternyata ada satu desa di Jawa Tengah yang sudah berpikir maju mempraktikan antikekerasan terhadap anak," katanya.

Karena itu, kata dia, siapapun dapat belajar dari desa tersebut untuk mencontoh langkah Pemerintah Kabupaten Rembang dalam mendukung pencegahan kekerasan terhadap anak melalui komite di tingkat desa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini