Sukses

Tak BAB 8 Minggu, Gadis Ini Meninggal

Menahan tak buang air besar hingga dua bulan, gadis ini alami henti jantung.

Liputan6.com, London - Seorang remaja perempuan bernama Emily Titterington asal Inggris meninggal dunia karena mengalami kondisi henti jantung (cardiac arrest). Setelah dilakukan pemeriksaan ternyata hal ini disebabkan ia tidak buang air besar selama delapan minggu.

Ketakutan akan toilet membuat remaja yang memiliki mild autism ini  menahan diri buang air besar hingga dua bulan. Hal ini menyebabkan ususnya membesar hingga rongga dada dan menyebabkan perpindahan organ lain seperti dilansir laman Mirror, Rabu (1/7/2015).

Jauh-jauh hari sebelum meninggal, sebenarnya ia bisa diselamatkan dengan pengobatan sayang ia menolak diperiksa secara medis.

Ahli patologi, dokter Amanda Jeffery mengatkan gejala yang dialami Emily ini bernama "stool withholding" sering terjadi pada anak-anak.

Lewat pemeriksaan post mortem, diketahui Emily mengalami ekstensi masif pada usus besarnya hingga membuat terjadinya henti jantung. Ini adalah sebuah kondisi hilangnya fungsi jantung secara tiba-tiba dan mendadak, bisa terjadi pada seseorang yang memang didiagnosa dengan penyakit jantung ataupun tidak. Waktu kejadiannya tidak bisa diperkirakan, terjadi dengan sangat cepat begitu gejala dan tanda tampak.

Menurut dokter umum yang menangani Emily, dokter Alistair James, sebenarnya sang ibu Geraldine telah berjuang untuk mengajak remaja ini melakukan pemeriksaan medis. 

"Kematiannya sebenarnya bisa dihindari, bila diobati secara tepat," ungkap dokter James.

Emily mengalami henti jantung di rumahnya yang berada di St Austell, Cornwall, Inggris pada 8 Februari 2013. Para medis telah berjuang agar ia bisa kembali bernapas namun saat di rumah sakit ia meninggal. 

 

Baca Juga:

Trik Jitu Cegah Penyakit Jantung

Bahaya Bila Keseringan Menahan BAB

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini